Hamsidar, Hamsidar (2011) Peningkatan Hasil Belajar Pencerminan Bangun Datar dengan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) Bagi Siswa Kelas IV SD Masyithah Kota Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_HAMSIDAR_50620_2011.pdf [thumbnail of final_B1_HAMSIDAR_50620_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_HAMSIDAR_50620_2011.pdf
Download (148kB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari kenyataan di sekolah bahwa pembelajaran masih
sering didominasi oleh guru sebagai sumber belajar dan proses pembelajaran yang
dilakukan guru belum mengaitkan pembelajaran dengan permasalahan nyata yang
dialami siswa dalam kehidupan sehari-hari, sehingga menyebabkan hasil belajar
siswa rendah. Salah satu pendekatan yang dapat digunakan guru untuk mengatasi
masalah tersebut adalah dengan pendekatan PMR. Masalah penelitian ini adalah
bagaimanakah peningkatan hasil belajar pencerminan bangun datar dengan
pendekatan PMR bagi siswa kelas IV SD Masyitah Kota Bukittinggi. Penelitian
ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan peningkatan
hasil belajar pencerminan bangun datar dengan pendekatan PMR bagi siswa kelas
IV SD Masyitah Kota Bukittinggi.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek
penelitiannya adalah guru dan siswa kelas IV SD Masyithah Kota Bukittinggi
yang terdaftar pada tahun ajaran 2010/2011. Pengumpulan data dalam penelitian
ini menggunakan teknik observasi dan dilakukan dalam dua siklus penelitian
dimana pada siklus I dilaksanakan dalam dua kali pertemuan dan pada siklus II
hanya satu kali pertemuan. Untuk pengumpulan data, diperoleh setelah
melaksanakan tahap kegiatan yaitu, 1) perencanaan penelitian yang dilaksanakan
dengan penyusunan RPP pembelajaran yang disusun dengan melibatkan observer,
2) pelaksanaan penelitian yang dilakukan dengan mengikuti tahap-tahap
pembelajaran dengan pendekatan PMR, 3) pengamatan yang dilakukan terhadap
pelaksanaan pembelajaran selama proses pembelajaran dengan pendekatan PMR
dilaksanakan, dan 4) refleksi yang dilaksanakan pada setiap akhir pembelajaran.
Data yang diperoleh melalui observasi ditampilkan dalam persentase, kemudian
dikonversikan menjadi data kualitatif.
Dari hasil penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengungkapkan
peningkatan hasil belajar pencerminan bangun datar dengan pendekatan PMR
bagi siswa kelas IV SD Masyitah Kota Bukittinggi menunjukkan adanya
peningkatan hasil belajar siswa. Hal ini terlihat dari hasil belajar siswa yang
meningkat dari siklus I menjadi 77,14% dan pada siklus II sebesar 85,71%.
Pencapaian kegiatan guru meningkat dari siklus I sebesar 67,86% menjadi 75%
dan pada siklus II sebesar 82,14%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa
pendekatan PMR terbukti dapat meningkatkan hasil belajar pencerminan bangun
datar siswa kelas IV SD Masyithah Kota Bukittinggi
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Risna Juita S.IP |
Date Deposited: | 22 Sep 2025 01:12 |
Last Modified: | 22 Sep 2025 01:12 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24966 |