Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan BerbasisKurikulum 2013 di Sekolah Dasar Negeri se Kecematan Kuranji Kota Padang

Saputra Yayu, Doly (2019) Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan BerbasisKurikulum 2013 di Sekolah Dasar Negeri se Kecematan Kuranji Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_01_DOLY_SAPUTRA_YAYU_14086286_1034_2019.pdf] Text
B1_01_DOLY_SAPUTRA_YAYU_14086286_1034_2019.pdf

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari pengamatan penulis terhadap proses belajar
mengajar guru PJOK dalam kegiatan PBM di SD N se Kecamatan Kuranji kota
padang. Berdasarkanobservasi awal penulis amati di SD N se Kecamatan Kuranji
Kota Padang menunjukkan kurang optimalnya proses belajar mengajar pendidikan
jasmani olahraga dan kesehatan. Tujuanpenelitianiniyaitu untuk mengetahui
bagaimana proses belajar mengajar pendidikan jasmani di Sekolah Dasar Negeri
se Kecamatan Kuranji Kota Padang dalam merencanakan, melaksankan dan
mengevaluasi kegiatan pembelajaransesuaidengankurikulum 2013.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Populasi penelitian ini
adalah guru pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan di SD N se Kecamatan
Kuranji Kota Padang yang terdaftar tahun ajaran 2018/2019 yang melaksanakan
Kurikulum 2013 berjumlah 10 orang. Teknik pengambilan sampel penelitian ini
adalah total sampling. Instrumen untuk memperoleh data yaitu menggunakan
observasi dan dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan yaitu teknik
reduksi, display dan verifikasi data.
Perencanaan kegiatan pembelajaraan dilakukan oleh guru dengan
mempersiapkan RPP, menguasai materi ajar dan melengkapi bahan ajas seperti
buku.Tetapi ada beberapa guru yang menggunakan RPP tahun ajaran sebelumnya
dengan memperbaharui metode penyampaian dan tidak melenceng dari
kurikulum.Pelaksanaan kegiatan pembelajaran dilakukan oleh guru penjasorkes
dengan pengelolaan kelas, strategi pembelajaran dan penggunan media
ajar.Evaluasi Kegiatan Pembelajaran dilakukan oleh guru penjasorkes di sekolah
dasar negeri se-kecamatan Kota Padang dengan cara menyiapkan terlebih dahulu
KI dan KD yang ada dalam RPP. penilaian menggunakan tiga aspek yang telah
ditentukan, yaitu sikap, pengetahuan dan keterampilan. Akan tetapi ada guru
penjasorkes yang masih menggunakan aspek penilaian yang berdasarkan KTSP
yaitu kognitif, afektif dan psikomotor.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
S Sport
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi-S1
Depositing User: Aditya Shawfani S.Pd
Date Deposited: 21 Feb 2025 08:40
Last Modified: 21 Feb 2025 08:40
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/2495

Actions (login required)

View Item
View Item