Fitriyanti, Fitriyanti (2014) Hubungan Proses Pembelajaran IPS Dengan Karakter Siswa SLTP Negeri di Kecamatan Kupitan Kabupaten Sijunjung. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_FITRIYANTI _98522_1835_2014.pdf [thumbnail of final_B1_FITRIYANTI _98522_1835_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_FITRIYANTI _98522_1835_2014.pdf
Download (733kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan hubungan antara proses
pembelajaran IPS dengan karakter siswa SLTP Negeri di Kecamatan Kupitan
Kabupaten Sijunjung. Jenis penelitian ini adalah penelitian dekriptif korelasional.
Populasi penelitian adalah seluruh siswa SLTP Negeri di Kecamatan Kupitan
Kabupaten Sijunjung tahun ajaran 2013/2014. Teknik pengambilan sampel dengan
proporsional stratified random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 86 orang.
Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket. Sebelum melakukan
penelitian terlebih dahulu dilakukan uji coba instrumen penelitian untuk mengetahui
validitas dan reliabilitas instumen penelitian. Teknik analisis data dalam penelitian ini
menggunakan analisis deskriptif dan analisis induktif. Analisis induktif yang
digunakan adalah analisis korelasi. Berdasarkan analisis data diketahui kedua variabel
sama-sama tergolong ke dalam kategori yang baik dengan TCR masing-masing untuk
variabel adalah sebesar 86% untuk variabel proses pembelajaran IPS dan sebesar 89%
untuk variabel karakter siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat
hubungan yang signifikan positif antara proses pembelajaran IPS dengan karakter
siswa SLTP Negeri yang ada di Kecamatan Kupitan Kabupaten Sijunjung dengan
tingkat signifikan 0,007 < 0,1. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa proses
pembelajaran IPS berperan dalam pembentukan karakter siswa.
i
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 19 Sep 2025 08:23 |
Last Modified: | 19 Sep 2025 08:23 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24930 |