Evitta, Recca (2011) Efektivitas Penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi di Kelas VII SMP N 5 Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_RECCA_EVITTA_87912_5871_2011.pdf [thumbnail of final_B1_RECCA_EVITTA_87912_5871_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_RECCA_EVITTA_87912_5871_2011.pdf
Download (481kB)
Abstract
Menurut studi pendahuluan yang dilakukan peneliti di SMP Negeri 5 Pariaman, yaitu masih rendahnya hasil belajar siswa khususnya pada mata pelajaran TI&K, motivasi belajar siswa masih kurang, minimnya efektivitas belajar siswa disebabkan guru lebih mendominasi kegiatan pembelajaran dan metode pembelajaran yang diterapkan guru kurang bervariasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan efektivitas penggunaan lembar kerja siswa (LKS) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran teknologi informasi dan komunikasi . Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen guna melihat perbandingan hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 5 Pariaman yang berjumlah 151 orang yang terdiri dari 5 kelas, dan teknik sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling. Yang menjadi sampel penelitian ini adalah kelas VII1 (kelas eksperimen) dan VII4 (kelas kontrol). Masing-masing kelas tersebut berjumlah 32 orang. Data diperoleh dari hasil tes tertulis yang berupa soal objektif berjumlah 40 butir soal. Data dianalisis dengan menggunakan rumus uji-t (t-test), yang sebelumnya dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen yang menggunakan lembar kerja siswa (LKS) adalah 80 dengan standar deviasi yang diperoleh 8,18 dan nilai rata-rata kelas kontrol yang tidak menggunakan lembar kerja siswa (LKS)/konvensional adalah73,83 dengan standar deviasi yang diperoleh 7,62. Berdasarkan perhitungan uji-t (t-test) diperoleh t 3.074 sedangkan pada taraf kepercayaan α 0,05 t tabel 2,000, sehingga t i hitung hitung > t . Dengan demikian dapat disimpulkan penggunaan lembar kerja siswa efektif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran TI&K di kelas VII SMP Negeri 5 Pariaman.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Lembar Kerja Siswa (LKS),SMP Negeri 5 Pariaman,Kelas VII |
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1 |
Depositing User: | Faldo Aldiasep |
Date Deposited: | 19 Sep 2025 07:50 |
Last Modified: | 19 Sep 2025 07:50 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24914 |