Fitriati, Fitriati (2011) Upaya Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Dengan Menggunakan Metode Belajar Aktif Tipe Learning Tournament Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X2 Administrasi Perkantoran SMK Kartika 1-2 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_FITRIATI_73701_1754_2011.pdf [thumbnail of final_B1_FITRIATI_73701_1754_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_FITRIATI_73701_1754_2011.pdf
Download (320kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan metode belajar aktif
tipe learning tournament. Pembelajaran ini diharapkan dapat meningkatkan
aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas X2
Administrasi Perkantoran SMK Kartika 1-2 Padang.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan
secara kolaborasi dengan guru bidang studi dan teman sejawat yang bertindak
sebagai obsever dan peneliti sebagai guru mata pelajaran Ekonomi. Objek
penelitian ini adalah siswa kelas X2 Administrasi Perkantoran SMK Kartika 1-2
Padang. Jumlah siswa kelas X2 sebanyak 28 siswa yang terdiri dari 24 orang
siswa perempuan dan 4 orang siswa laki-laki. Penelitian ini dilaksanakan pada
tanggal 8-29 Oktober 2010. Terdiri dari empat siklus. Masing-masing siklus
terdiri dari satu kali pertemuan. Data yang dikumpulkan dengan menggunakan
lembaran observasi dan tes untuk melihat perubahan aktivitas dan hasil belajar
siswa pada siklus I, II, III dan IV selama menggunakan metode belajar aktif tipe
learning tournament. Data yang diperoleh diolah dengan teknik persentase.
Hasil penelitian pada siklus I, aktivitas siswa dalam metode belajar aktif
tipe learning tournament pada aktivitas positif rata-rata dapat dikategorikan
aktivitas siswa rendah yakni 38,75% . Sementara untuk aktivitas negatif pada
kriteria aktivitas siswa cukup yakni 40,63%. Pada siklus II, terjadi peningkatan
yang cukup baik yakni aktivitas siswa dalam metode belajar aktif tipe learning
tournament pada aktivitas positif rata-rata dapat dikategorikan aktivitas siswa
cukup yakni 51,43%. Sementara untuk aktivitas negatif pada kriteria aktivitas
siswa rendah yakni 30,36%. Hasil belajar pada siklus II diperoleh rata-rata 66,36.
Pada siklus III telah terjadi perubahan baik dari aktivitas belajar. Untuk aktivitas
positif yang diamati dikategorikan pada kategori aktivitas siswa tinggi yakni
68,39% dan untuk aktivitas negatif sudah berada pada kategori aktivitas siswa
sangat rendah yakni 15,18%. Pada siklus IV kembali terjadi peningkatan untuk
aktivitas dan hasil belajar . Untuk aktivitas positif yang diamati dikategorikan
pada kategori aktivitas siswa tinggi yakni 79,82% dan untuk aktivitas negatif
sudah berada pada kategori aktivitas siswa sangat rendah yakni 10,72%. Untuk
hasil belajar pada siklus IV telah diperoleh rata-rata 75,21.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 19 Sep 2025 07:50 |
Last Modified: | 19 Sep 2025 08:26 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24912 |