Perbedaan Persepsi Akuntan Publik, Akuntan Pemerintah, dan Akuntan Pendidik Terhadap Etika Profesi Akuntan

Nuraisyah, Fitria (2011) Perbedaan Persepsi Akuntan Publik, Akuntan Pemerintah, dan Akuntan Pendidik Terhadap Etika Profesi Akuntan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_FITRIA_NURAISYAH_84388_2715_2011.pdf] Text
final_B1_FITRIA_NURAISYAH_84388_2715_2011.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji: 1) Perbedaan persepsi akuntan
publik dan akuntan pemerintah terhadap etika profesi akuntan. 2) Perbedaan
persepsi akuntan publik dan akuntan pendidik terhadap etika profesi akuntan. 3)
Perbedaan persepsi akuntan pemerintah dan akuntan pendidik terhadap etika
profesi akuntan.
Jenis penelitian ini digolongkan pada penelitian yang bersifat kausal
komparatif. Populasi dalam penelitian ini adalah akuntan publik, akuntan
pemerintah dan akuntan pendidik di kota Padang. Pemilihan sampel dengan
metode judgment sampling. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data
primer. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner dengan
menyebarkannya kepada akuntan publik di KAP, akuntan pemerintah di
Inspektorat Kota Padang, dan akuntan pendidik di Universitas Negeri Padang dan
Universitas Andalas. Analisis yang digunakan adalah analisis komparatif One
Way ANOVA dengan keputusan berdasarkan signifikansi 0,05 untuk melihat
perbedaan persepsi antara akuntan publik dan akuntan pemerintah, akuntan publik
dan akuntan pendidik, serta akuntan pemerintah dan akuntan pendidik terhadap
etika profesi akuntan.
Hasil pengujian menunjukkan bahwa: 1) Tidak terdapat perbedaan
persepsi antara akuntan publik dan akuntan pemerintah terhadap etika profesi
akuntan, dimana nilai signifikansi 0,346 > 0,05 (H1 ditolak). 2) Terdapat
perbedaan persepsi yang signifikan antara akuntan publik dan akuntan pendidik
terhadap etika profesi akuntan, dimana nilai signifikansi 0,000 < 0,05 (H2
diterima). 3) Terdapat perbedaan persepsi yang signifikan antara akuntan
pemerintah dan akuntan pendidik terhadap etika profesi akuntan, dimana nilai
signifikansi 0,000 < 0,05 (H3 diterima).
Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan bagi seluruh akuntan,
khususnya akuntan publik dan akuntan pemerintah untuk meningkatkan
pemahaman terhadap standar etika akuntan, sehingga menjadi pribadi yang
profesional dalam memberikan jasa akuntansi, agar kepercayaan publik dan
masyarakat atas kualitas jasa yang diberikan oleh profesi tetap utuh. Bagi
penelitian selanjutnya hendaknya memperluas area sampel agar memperoleh
jumlah sampel yang besar sehingga hasil penelitian memiliki probabilitas yang
besar untuk dapat digeneralisasi.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: A Accountant
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 19 Sep 2025 07:38
Last Modified: 19 Sep 2025 07:38
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24874

Actions (login required)

View Item
View Item