Elzana, Ratih (2010) Analisis Pengaruh Penerapan Pembelajaran Interaktif Model Diskusi Kelompok Silang Terhadap Hasil Belajar Kewirausahaan Siswa Kelas I di SMK N 2 Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_RATIH_ELZANA_RATIH_ELZANA_67707_2010.pdf [thumbnail of final_B1_RATIH_ELZANA_RATIH_ELZANA_67707_2010.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_RATIH_ELZANA_RATIH_ELZANA_67707_2010.pdf
Download (142kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan pembelajaran interaktif model diskusi kelompok silang terhadap hasil belajar kewirausahaan. Penelitian ini dilaksanakan pada pembelajaran kewirausahaan siswa kelas I jurusan penjualan SMK N 2 Pariaman. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen. Kelas sampel dipilih dengan teknik purposive sampling berdasarkan pertimbangan-pertimbangan tertentu, sehingga diperoleh dua kelas sampel yaitu kelas IA sebagai kelas eksperimen dan kelas IA 2 1 sebagai kelas kontrol. Data primer dari penelitian ini diperoleh dari tes hasil belajar kewirausahaan siswa. Sebelum tes diberikan terlebih dahulu soal tes diuji cobakan, kemudian hasil uji coba dianalisis validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya beda soal tersebut. Selanjutnya untuk menguji perbedaan rata-rata hasil belajar kedua kelas sampel digunakan uji Z dengan α = 0,10. Berdasarkan analisis data diperoleh nilai rata-rata postest kelas eksperimen 70,05 dengan standar deviasi 9,64. Sedangkan untuk kelas kontrol nilai rata-rata postest diperoleh dengan rata-rata 60,59 dan standar deviasi 10,15 Dari hasil uji hipotesis diperoleh Z hit 1,7080 dan Z tab 1,64 berarti Z hit > Z sehingga hipotesis alternatif dapat diterima. Artinya terdapat perbedaan yang nyata hasil belajar kewirausahaan siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol, dimana kelas eksperimen memiliki rata-rata hasil belajar kewirausahaan yang tinggi sebesar 70,05. Dalam hal ini perbedaan tersebut diyakini sebagai pengaruh dari perlakuan yang diberikan pada kelas eksperimen berupa proses pembelajaran interaktif model diskusi kelompok silang. tab Untuk meningkatkan hasil belajar kewirausahaan siswa kelas IA SMK N 2 Pariaman, disarankan kepada guru kewirausahaan agar mempertimbangkan untuk menggunakan model pembelajaran diskusi kelompok silang dalam proses belajar mengajar.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Diskusi Kelompok Silang |
Subjects: | J Political Science > J General legislative and executive papers L Education > L Education (General) S Agriculture > S Agriculture (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi-S1 |
Depositing User: | Faldo Aldiasep |
Date Deposited: | 19 Sep 2025 02:52 |
Last Modified: | 19 Sep 2025 02:52 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24847 |