Sari, Dini Mutiara (2016) Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi dengan Pendekatan Konstruktivisme di Kelas IV SDN 18 Kampung Baru Cengkeh. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_DINI_MUTIARA_SARI_1200566_5733_2016.pdf [thumbnail of final_B1_6_DINI_MUTIARA_SARI_1200566_5733_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_DINI_MUTIARA_SARI_1200566_5733_2016.pdf
Download (1MB)
Abstract
Keterampilan menulis narasi siswa kelas IV SDN 18 Kampung Baru
Cengkeh masih rendah. Hal ini terlihat pada proses pembelajaran dimana siswa
merasa kesulitan menemukan ide/gagasan, menuangkan ide/gagasan ke dalam
karangan, menentukan topik, membuat kerangka karangan, mengembangkan ide,
dan masih ada siswa yang kurang tepat menggunakan tanda baca serta huruf
kapital. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan keterampilan
menulis narasi pada tahap prapenulisan, penulisan, dan pascapenulisan pada siswa
kelas IV SD.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan II siklus
yaitu siklus I dan siklus II. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan
kualitatif dan kuantitatif. Kegiatan penelitian meliputi kegiatan pengamatan awal,
penyusunan rancangan, kegiatan pelaksanaan penelitian yang terdiri dari tahap
prapenulisan, penulisan, dan pascapenulisan. Peneliti bertindak sebagai praktisi
dalam proses pembelajaran, sedangkan pengamat adalah guru kelas IV dan teman
sejawat. Subjek penelitian adalah peneliti dan siswa kelas IV SDN 18 Kampung
Baru Cengkeh yang berjumlah 38 orang terdiri dari 24 laki-laki dan 14
perempuan.
Hasil belajar siswa pada siklus I tahap prapenulisan 79,9 %, tahap
penulisan 67,5 %, dan tahap pascapenulisan 83,1 % mengalami peningkatan pada
siklus II menjadi tahap prapenulisan 90,1 %, tahap penulisan 82,8 % dan tahap
pascapenulisan 89,7%. Berdasarkan rata-rata hasil belajar siswa keberhasilan
tindakan dalam kriteria pada siklus II adalah 87.5% berada dalam kriteria sangat
baik. Hasil penelitian pada dua siklus menunjukan bahwa penggunaan pendekatan
Konstruktivisme dalam pembelajaran menulis narasi pada siswa kelas IV terbukti
efektif dalam meningkatkan kemampuan menulis narasi
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 19 Sep 2025 02:52 |
Last Modified: | 19 Sep 2025 02:52 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24845 |