Afriliani, Ratih (2009) Pengaruh Metode Tutor Sebaya terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di Kelas XI SMA Negeri 1 Nan Sabaris. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_RATIH_AFRILIANI_63688_05_09.pdf [thumbnail of final_B1_RATIH_AFRILIANI_63688_05_09.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_RATIH_AFRILIANI_63688_05_09.pdf
Download (143kB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari kenyataan di sekolah yaitu rendahnya hasil belajar siswa dalam mata pelajaran TIK kelas XI. Sarana komputer yang tidak sebanding dengan jumlah siswa membuat siswa tidak dapat belajar secara mandiri dan terlihat pasif di depan komputer. Proses pembelajaran yang memisahkan antara jam pembelajaran teori dengan praktek, mengakibatkan siswa tidak maksimal dalam mengerjakan latihan yang diberikan. Untuk melihat pengaruh dari penerapan metode ini dilakukan penelitian berbentuk eksperimen. Tujuannya untuk melihat perbandingan hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Rumusan masalahnya yaitu “Apakah terdapat pengaruh metode tutor sebaya terhadap hasil belajar TIK di kelas XI SMA N 1 Nan Sabaris? Hipotesis pertama adalah terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara metode tutor sebaya dengan klasikal konvensional. Hipotesis kedua, terdapat perbedaan hasil belajar siswa jurusan IPA dengan jurusan IPS. Hipotesis ketiga, terdapat interaksi antara metode pengajaran tutor sebaya dengan jurusan siswa (IPA dan IPS). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang bersifat quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Nan Sabaris, dan yang menjadi sampel penelitian ada 4 kelas, yaitu XI Ia.2 dan XI Is.1 (kelas eksperimen) menerapkan metode tutor sebaya, dan kelas XI Ia.3 dan XI Is.3 (kelas kontrol) tidak menerapkan metode tutor sebaya. Data diperoleh dari tes hasil belajar, yaitu berupa hasil belajar teori dan praktek mengenai pokok bahasan “Menggunakan E-Mail”. Uji normalitas dan uji homogenitas dilakukan terlebih dahulu sebagai syarat sebelum dilakukan uji hipotesis. Kemudian barulah data dianalisis dengan menggunakan rumus Anava dua jalan (F- test). Hasil penelitan dan analisis data menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen (menerapkan metode tutor sebaya) 84,21 lebih tinggi dari nilai ratarata kelas kontrol (tidak menerapkan metode tutor sebaya) 78,35. Sedangkan Ftest menunjukkan bahwa F hitung 77,9978 > F 3,92, jadi hipotesis pertama dapat diterima. Hipotesis kedua, terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara jurusan IPA dengan IPS, dimana F hitung tabel 14,5747 > F 3,92 jadi hipotesis kedua diterima. Terdapatnya interaksi hasil belajar siswa antara metode pengajaran tutor sebaya dengan jurusan siswa (IPA dan IPS), ditunjukan dari F tabel hitung 16,0207 > F 3,92. Hal ini menunjukan hipotesis ketiga juga diterima.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Interaksi Metode Pengajaran dan Jurusan,Jurusan IPA dan IPS |
Subjects: | L Education > L Education (General) M Music and Books on Music > M Music Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1 |
Depositing User: | Faldo Aldiasep |
Date Deposited: | 19 Sep 2025 02:36 |
Last Modified: | 19 Sep 2025 02:36 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24843 |