Mukhlis, Diniah (2020) Kesulitan Siswa dalam Memahami Materi Dinamika Planet Bumi sebagai Ruang Kehidupan pada Siswa Kelas X IIS SMAN 1 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_DINIAH MUKHLIS_15045067_1761_2021.pdf [thumbnail of final_B1_6_DINIAH MUKHLIS_15045067_1761_2021.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_DINIAH MUKHLIS_15045067_1761_2021.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil belajar atau ulangan harian siswa
yang menurun paling signifikan pada KD 3.4 mengenai dinamika planet bumi
sebagai ruang kehidupan (rata-rata 70.9 dari 36 siswa). Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui faktor-faktor yang menjadi penyebab kesulitan siswa dalam
memahami materi mata pelajaran geografi mengenai dinamika planet bumi
sebagai ruang kehidupan serta upaya yang dilakukan siswa dan guru dalam
mengatasinya.
Penelitian ini menggunakan metode deskriftif kualtitatif. Teknik
penentuan informan penelitian dengan mengunakan metode purposive sampling
yaitu guru geografi dan siswa siswi kelas X IIS yang hasil belajar dalam KD 3.4
yang terdiri dari 20 dari 36 orang siswa tidak tuntas atau dibawah KKM. Teknik
pengumpulan data yang digunakan melalui wawancara dan studi dokumentasi.
Teknik analisis data yang digunakan melalui reduksi data, penyajian data, dan
pengambilan keputusan. Untuk menguji keabsahan data digunakan teknik
triangulasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa materi yang sulit dipahami siswa yaitu
materi yang membahas mengenai sejarah perkembangan bumi dan teori-teori
pembentukan tata surya. Pada materi sejarah perkembangan bumi, siswa kesulitan
dalam menentukan periode-periode dan tahun dalam satu era serta perkembangan
apa yang yang terjadi dalam periode tersebut sehingga siswa kesulitan untuk
memahami dan menghapalnya. Sedangkan untuk materi teori pembentukan tata
surya, siswa kesulitan dalam membedakan satu teori dengan teori lainnya. Faktor
yang menyebabkan siswa kesulitan dalam memahami materi pelajaran yaitu
kurangnya membaca dan tidak mengulang pelajaran, serta metode dan media
pembelajaran yang kurang efektif. Upaya yang dilakukan siswa dalam mengatasi
kesulitan memahami materi pelajaran yaitu belajar sendiri dengan membaca
kembali buku pelajaran, browsing dan searching di internet, bertanya kepada
teman dan guru. Sedangkan upaya yang dilakukan guru yaitu mengulang dan
mengulas kembali materi, mengadakan remedial, serta melakukan evaluasi.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Geografi-S1 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 19 Sep 2025 02:36 |
Last Modified: | 19 Sep 2025 02:36 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24842 |