Peningkatan Hasil Belajar Luas Jajar Genjang dan Luas Segitiga dengan Pendakatan Contextual Teaching and Learning (CTL) di Kelas IV SD Negeri 47 Parit Panjang Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam

Perdana, Dinul Harbi (2012) Peningkatan Hasil Belajar Luas Jajar Genjang dan Luas Segitiga dengan Pendakatan Contextual Teaching and Learning (CTL) di Kelas IV SD Negeri 47 Parit Panjang Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_DINUL_HARBI_PERDANA_52420_514_2013.pdf] Text
final_B1_6_DINUL_HARBI_PERDANA_52420_514_2013.pdf

Download (718kB)

Abstract

Permasalahan yang dihadapi adalah pembelajaran menghitung luas
jajargenjang dan luas segitiga di kelas masih menggunakan pendekatan yang lama
dimana siswa menerima saja materi pelajaran tanpa menemukan sendiri sehingga
mengakibatkan siswa pasif dan tidak serius dalam belajar. Tentu hasil belajar
siswa juga rendah. Menyikapi permasalahan tersebut peneliti melakukan
PenelitianTindakan Kelas (PTK) untuk meningkatkan kualitas proses
pembelajaran dan hasil belajar. Disini peneliti menggunakan pendekatan CTL
yaitu suatu cara untuk memberikan kesempatan kepada siswa untuk dapat
menemukan sendiri konsep–konsep pelajaran yang di akan dipelajarinya dan
dihubungkan dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian ini untuk
meningkatkan hasil belajar luas jajargenjang dan luas segitiga dengan pendekatan
Contextual Teaching and Learning (CTL) di kelas IV SDN 47 Parit Panjang
Lubuk Basung Kabupaten Agam.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (classroom action
research). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif
sederhana. Data penelitian ini berupa informasi tentang proses dan data hasil
tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan, hasil tes, catatan lapangan.
Sumber data adalah proses pelaksanaan pembelajaran dengan pendekatan CTL
dikelas IV SD Negeri 47 Parit Panjang Lubuk Basung Kabupaten Agam. Subjek
penelitian adalah siswa kelas IV yang berjumlah 21 orang.
Hasil penelitian siklus I pertemuan I dapat diketahui persentase nilai
kognitif adalah 65%, persentase afektif adalah 46% dan psikomotor 63%.
Sedangkan siklus I pertemuan II dapat diketahui persentase nilai kognitif adalah
67%, persentase afektif adalah 67% dan psikomotor 68%. Dari analisis penelitian
siklus II pertemuan I dapat diketahui persentase nilai kognitif adalah 91%,
persentase afektif adalah 80% dan psikomotor 83%. Sedangkan pada siklus II
pertemuan II dapat diketahui persentase nilai kognitif adalah 100%, persentase
afektif adalah 83% dan psikomotor 88%. Setelah dilakukan penelitian terungkap
bahwa penggunaan pendekatan CTL dapat meningkatkan hasil belajar luas
jajargenjang dan luas segitiga pada siswa kelas IV SD Negeri 47 Parit Panjang
Lubuk Basung Kabupaten Agam.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 19 Sep 2025 02:35
Last Modified: 19 Sep 2025 02:35
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24841

Actions (login required)

View Item
View Item