Pengaruh Musik Klasik dalam Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments (TGT) Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IA SMA N 1 Kecamatan Lareh Sago Halaban

Rusman, Ratih (2011) Pengaruh Musik Klasik dalam Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments (TGT) Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IA SMA N 1 Kecamatan Lareh Sago Halaban. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_RATIH RUSMAN-86226-2011.pdf] Text
final_B1_RATIH RUSMAN-86226-2011.pdf

Download (477kB)

Abstract

Guru sebagai penyelengara pendidikan harus mampu menciptakan suasana yang menyenangkan dalam proses pembelajaran, sehingga dapat membangkitkan motivasi dan hasil belajar siswa. Masalah yang sering ditemui dalam pendidikan khususnya biologi adalah rendahnya hasil belajar siswa. Penggunaan musik klasik dalam model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournaments (TGT) diharapkan dapat merangsang aktivitas dan kemampuan berfikir serta membuat suasana kelas menjadi rileks dan menyenangkan sehingga pembelajaran lebih bermakna. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan musik klasik dalam model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournaments (TGT) terhadap hasil belajar biologi siswa kelas XI IA SMA N 1 Kecamatan Lareh Sago Halaban. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan Randomized Control Group Posttest Only Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa Kelas XI IA SMAN 1 Kecamatan Lareh Sago Halaban yang terdaftar pada semester II tahun pelajaran 2010/2011 yang tersebar pada 4 kelas, yaitu dari Kelas XI IA 1 sampai XI IA 4. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Didapatkan kelas XI IA 4 sebagai kelas eksperimen dan XI IA 1 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah Uji-t . Berdasarkan hasil analisis data, rata-rata hasil belajar kelas eksperimen (80,59 ) lebih tinggi dari kelas control (67,43). Berdasarkan uji t ternyata t hitung =7,56 sedangkan t tabel = 1,67 pada taraf nyata α = 0,05 dan dk = 66, berarti t hitung > t tabel yang berarti hipotesis diterima, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa musik klasik dalam model pembelajaran Kooperatif tipe Teams Games Tournaments (TGT) memberi pengaruh positif terhadap hasil belajar biologi siswa kelas XI IA SMA N 1 Kecamatan Lareh Sago Halaban.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Randomized Control Group Posttest Only Design
Subjects: L Education > L Education (General)
M Music and Books on Music > M Music
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1
Depositing User: Faldo Aldiasep
Date Deposited: 19 Sep 2025 02:35
Last Modified: 19 Sep 2025 02:35
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24840

Actions (login required)

View Item
View Item