Halimatussakdiah, Halimatussakdiah (2011) Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Melalui Strategi Probing Question di Kelas II SD Negeri 45 Bungo Pasang Kec. Koto Tangah Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_HALIMAKHTUSSADIAH_90553_2011.pdf [thumbnail of final_B1_HALIMAKHTUSSADIAH_90553_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_HALIMAKHTUSSADIAH_90553_2011.pdf
Download (138kB)
Abstract
Penelitian ini membahas tentang masalah peningkatan kemampuan
membaca pemahaman siswa melalui strategi probing question di kelas II SD
Negeri 45 Bungo Pasang Kec. Koto Tangah Padang. Dipilihnya masalah tersebut
karena pembelajaran di sekolah masih didominasi oleh guru sebagai sumber
informasi. Pada pelajaran membaca banyak ditemukan siswa yang masih rendah
pemahamannya terhadap isi bacaan sehingga dibutuhkan sebuah strategi yang
mampu menjalin interaksi antara guru dan siswa. Tujuan penelitian untuk
meningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa melalui probing question
di kelas II SD Negeri 45 Bungo Pasang Kec. Koto Tangah. Pendekatan yang
digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam
dua siklus dengan strategi pembelajaran probing question. Populasi penelitian
adalah siswa kelas II SD Negeri 45 Bungo Pasang Kec. Koto Tangah, Padang.
Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kemampuan membaca
pemahaman siswa melalui strategi probing question di kelas II SD Negeri 45
Bungo Pasang Kec. Koto Tangah Padang berkualifikasi baik. Hal ini dilihat
dengan perbandingan hasil penilaian siklus I dengan siklus II. Peningkatan cukup
siginifikan pada setiap tahapan membaca pemahaman melalui strategi probing
question. Pada tahap prabaca untuk siklus I rata-rata skor 2 dan 3 dan siklus II
rata-rata skor 4, tahap saatbaca untuk siklus I rata-rata skor 2 dan 3 dan siklus II
rata-rata skor 4, dan tahap pascabaca untuk siklus I rata-rata skor 2 dan 3 dan
siklus II rata-rata skor 3 dan 4. Dengan demikian standar KKM dapat dipenuhi
dengan hasil yang diinginkan
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Risna Juita S.IP |
Date Deposited: | 19 Sep 2025 01:52 |
Last Modified: | 19 Sep 2025 01:52 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24830 |