Pengenalan Konsep Berhitung Pada AUD Melalui Bermain APE dari Kain Perca di TK Surya Pariaman

Halimah, Halimah (2011) Pengenalan Konsep Berhitung Pada AUD Melalui Bermain APE dari Kain Perca di TK Surya Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_HALIMAH_07773_2412_2011.pdf] Text
final_B1_HALIMAH_07773_2412_2011.pdf

Download (305kB)

Abstract

Kemampuan anak usia dini dalam pengenalan konsep berhitung masih
rendah, tujuan Penelitian Tindakan Kelas ini adalah untuk meningkatkan
kemampuan berhitung anak usia dini. Sebagai pelaksana penelitian ini adalah
Halimah dengan subjek penelitian adalah anak-anak kelompok B TK Surya
Pariaman yang berjumlah 15 orang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian
Tindakan Kelas yaitu suatu penelitian yang bersifat meningkatkan praktek
pembelajaran di kelas secara profesional guru untuk memperbaiki proses
pembelajaran yang dilaksanakan.
Data penelitian yang diperoleh melalui observasi dan wawancara.
Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus. Hasil penelitian setiap
siklus telah menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berhitung anak usia
dini dari siklus I yang pada umumnya masih rendah nilai rata-rata anak yang
sangat tinggi dengan persentase 55,55% setelah dilakukan tindakan pada siklus II
menunjukkan adanya peningkatan anak yang sangat tinggi dengan persentase
84,45%.
Berdasarkan hasil tindakan yang telah dilakukan dapat dinyatakan bahwa
terjadinya peningkatan pengembangan kemampuan berhitung anak melalui
permainan menggantungkan bola, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa
dengan menggunakan permainan menggantungkan bola pada maket pohon angka
dapat meningkat Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini Di TK Surya Pariaman

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1
Depositing User: Risna Juita S.IP
Date Deposited: 19 Sep 2025 01:52
Last Modified: 19 Sep 2025 02:51
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24829

Actions (login required)

View Item
View Item