Yusuf, Muhammad (2011) Penggunaan Multimedia untuk Peningkatan Hasil Belajar Pemeliharaan Engine pada Siswa Kelas II Teknik Kendaraan Ringan Jurusan Teknik Otomotif SMK Negeri 2 Meulaboh. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_MUHAMMAD_YUSUF_53097_2143_2011.pdf [thumbnail of final_B1_MUHAMMAD_YUSUF_53097_2143_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_MUHAMMAD_YUSUF_53097_2143_2011.pdf
Download (423kB)
Abstract
Hasil belajar Pemeliharaan Engine Pada Siswa Kelas II Teknik KendaraanRingan Jurusan Teknik Otomotif di SMK Negeri 2 Meulaboh hingga Tahun 2009masih sangat rendah. Selama ini pembelajaran dilakukan hanya menggunakan bendaasli sebagai media pembelajaran tanpa menggunakan multimedia. Peneliti sebagaiguru mata pelajaran Pemeliharaan Engine melakukan penelitian dengan menerapkanPenggunaan Multimedia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pemeliharaan EnginePada Siswa Kelas II Teknik Kendaraan Ringan Jurusan Teknik Otomotif SMKNegeri 2 Meulaboh.Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yaituPenelitian Tindakan (Classroom Action Research) dalam bentuk siklus yakniperencanaan, pelaksanaan, observasi, evaluasi dan refleksi yang dilakukan di SMKNegeri 2 Meulaboh Jalan Sisingamangaraja GIP Lapang Kabupaten Aceh BaratProvinsi Nanggroe Aceh Darussalam. Subjek penelitian yakni siswa Kelas II TeknikKendaraan Ringan Jurusan Teknik Otomotif pada awal semester ganjil mulai tanggal19 Juli sampai dengan tanggal 14 Agustus 2010. Instrumen yang digunakan untukmengumpulkan data diperoleh melalui hasil tes. Hipotesis pada penelitian ini adalahhipotesis tindakan yakni apakah Pengguanaan Multimedia Dapat Meningkatkan HasilBelajar Pemeliharaan Engine pada Siswa Kelas II Teknik Kendaraan Ringan JurusanTeknik Otomotif SMK Negeri 2 Meulaboh.Hasil penelitian dapat dijelaskan bahwa penggunaan multimedia dalampembelajaran Pemeliharaan Engine dapat meningkatkan semangat dan motivasibelajar serta pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran yang pada akhirnyaterjadi peningkatan hasil belajar siswa dan perubahan positif terhadap kemajuanpelaksanaan pembelajaran, dimana nilai rata-rata tindakan siklus I yakni 76,46dengan persentase kelulusan mencapai 92,30% dan di akhir siklus selanjutnya yaknisiklus ke-II diperoleh rata-rata skor 81,38 dengan persentase kelulusan mencapai96,15% yang artinya terjadi peningkatan yang cukup signifikan dibandingkan denganhasil belajar tanpa menggunakan multimedia.Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penggunaan multimedia dalampembelajaran Pemeliharaan Engine dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | MULTIMEDIA, HASIL BELAJAR, KENDARAAN RINGAN |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 19 Sep 2025 01:50 |
Last Modified: | 19 Sep 2025 01:50 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24815 |