Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Simulasi Digital Siswa Kelas X TAV SMKN 2 Gunung Talang

Yuliani, Richi (2017) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Simulasi Digital Siswa Kelas X TAV SMKN 2 Gunung Talang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_05_RICHI_YULIANI_1302384_3802_2017.pdf] Text
B1_05_RICHI_YULIANI_1302384_3802_2017.pdf

Download (3MB)

Abstract

Masalah pada penelitian ini adalah rendahnya rata-rata hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Simulasi Digital yaitu di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan SMKN 2 Gunung Talang yaitu 75.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together dengan model pembelajaran langsung terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Simulasi Digital siswa Teknik
Audio Video di SMKN 2 Gunung Talang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan quasy experimental dengan desain Posttest-Only Control Design. Sampel penelitian yaitu kelas X TAV 2 sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together dan kelas X TAV 1 sebagai kelas kontrol menggunakan model pembelajaran langsung. Teknik pengumpulan data dari post-test pada kelas eksperimen dan kelas kontrol,
kemudian dianalisis untuk uji homogenitas, uji normalitas dan uji hipotesis. Dari hasil penelitian kelas eksperimen didapatkan nilai rata-rata 81,15, sedangkan kelas
kontrol mendapatkan nilai rata-rata 76,50. Hasil perhitungan hipotesis pada taraf signifikan α=0,05 didapatkan t
hitung > t tabel yaitu 3,05> 2,02, karena tbesar dari
t tabelm,maka hipotesis nihil (H0 ) ditolak dan hipotesis alternatif (H ) diterima. Dapat disimpulkan berarti pada taraf nyata, penelitian ini memperlihatkan bahwa,
terdapat pengaruh hasil belajar siswa yang signifikan antara penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together dengan model pembelajaran langsung pada mata pelajaran Simulasi Digital siswa kelas X Teknik Audio Video di SMKN 2 Gunung Talang. Maka model pembelajaran
Numbered Heads Together lebih baik di bandingkan dengan model pembelajaran langsung.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 19 Sep 2025 01:48
Last Modified: 19 Sep 2025 01:48
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24799

Actions (login required)

View Item
View Item