Peningkatan Keterampilan Menulis Surat Pribadi dengan Menggunakan Pendekatan Komunikatif di Kelas IV SDN 03 Lubang Panjang Kota Sawahlunto

Haidaryani, Haidaryani (2011) Peningkatan Keterampilan Menulis Surat Pribadi dengan Menggunakan Pendekatan Komunikatif di Kelas IV SDN 03 Lubang Panjang Kota Sawahlunto. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_HAIDARYANI_09865_4414_2011.pdf] Text
final_B1_HAIDARYANI_09865_4414_2011.pdf

Download (317kB)

Abstract

Pembelajaran menulis surat pribadi yang dilaksanakan di kelas IV SDN 03
Lubang Panjang Kota Sawahlunto belum optimal, hal ini terlihat jika siswa diberi
tugas menulis surat pribadi nilainya selalu rendah. Sebagian besar surat pribadi
siswa terlihat masalah-masalah praktis dalam menulis surat pribadi, seperti surat
pribadi kurang sesuai dengan keadaan sebenarnya, kalimat yang di gunakan
kurang runtut, ide yang sempit dan paragraf sering berbolak balik. Untuk itu
diadakan penelitian tindakan kelas agar dapat meningkatkan kemampuan menulis
surat pribadi siswa kelas IV SDN 03 Lubang Panjang Kota Sawahlunto.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan
kualitatif dan kuantitatif dengan menggunakan rancangan penelitian tindakan
kelas, pembelajaran menulis surat pribadi dengan pendekatan komunikatif.
Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang dilakukan secara kolaboratif. Data
penelitian berupa informasi tentang proses, data hasil tindakan yang diperoleh dari
hasil pengamatan dan catatan setiap tindakan serta hasil belajar siswa pada setiap
siklus. Sumber data adalah proses penggunaan pendekatan komunikatif dalam
pembelajaran menulis surat pribadi di kelas IV SDN 03 Lubang Panjang Kota
Sawahlunto. Subjek penelitian ini adalah siswa dan guru kelas IV SD terteliti.
Penggunaan pendekatan komunikatif dalam penelitian pembelajaran
menulis surat pribadi dilaksanakan dalam tiga tahap yaitu tahap pramenulis, tahap
menulis dan tahap pascamenulis. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan
pendekatan komunikatif dalam pembelajaran menulis surat pribadi terbukti dapat
meningkatkan hasil belajar siswa. Peningkatan tersebut dapat terliahat dalam hal
(1) pendekatan komunikatif dapat meningkatkan motivasi belajar siswa untuk
belajar menulis surat pribadi secara aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan, (2)
hasil belajar siswa semakin meningkat pada setiap tahap penulisan yang
dilakukan, (3) siswa terlatih dalam menulis surat pribadi. Ketuntasan peserta didik
dalam proses pembelajaran menulis surat pribadi pada siklus I, pada tahap
pramenulis 69,9 %, tahap penulisan 69,9 %, dan tahap pasca penulisan 67,5 %.
Pada siklus II keberhasilan pencapaian ketuntasan yang diperoleh peserta didik
adalah, tahap prapenulisan 85,7 %, tahap penulisan 75 % dan tahap pasca
penulisan 83 %

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Risna Juita S.IP
Date Deposited: 18 Sep 2025 07:33
Last Modified: 18 Sep 2025 07:33
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24794

Actions (login required)

View Item
View Item