Hafni, Hafni (2008) Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Cross Over Discussion Dengan Pendekatan Kontekstual: Studi Pada Mata Pelajaran Ekonomi di Kelas XI IPS 2 SMAN I Ampek Angkek Kabupaten Agam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_HAFNI 80357-06-08.pdf [thumbnail of final_B1_HAFNI 80357-06-08.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_HAFNI 80357-06-08.pdf
Download (164kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada
pelajaran ekonomi di kelas XI / 2 IPS SMAN I Ampek Angkek Kabupaten Agam
melalui model pembelajaran Cross Over Discussion dengan pendekatan
kontekstual.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas, penelitian ini
dilakukan 2 siklus yang dilaksanakan pada 7 Januari sampai dengan 7 Februari
2008, dengan melibatkan 33 orang siswa yang terdiri dari 13 orang laki-laki dan
20 orang perempuan, data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan
lembaran observasi, yang digunakan untuk melihat perubahan aktivitas belajar
siswa pada siklus I dan siklus II, data diperoleh dengan teknik persentase, serta
catatan lapangan observer.
Selama pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran Cross
Over Discussion (diskusi silang), diperoleh hasil yaitu adanya peningkatan
aktivitas positif serta penurunan aktivitas negatif selama penelitian. Peningkatan
aktivitas positif siswa yang memperhatikan penjelasan guru naik 12,17 %.
Aktivitas siswa dalam mengerjakan LKS tepat waktu naik 13,68 %. Aktivitas
siswa dalam mengajukan pertanyaan naik 21,4 %. Aktivitas siswa dalam
menjawab pertanyaan naik 21,41 %. Aktivitas siswa dalam menanggapi jawaban
siswa lain naik 18,25 %. Aktivitas siswa dalam mencatat pertanyaan teman naik
21,36 % dan begitu juga aktivitas negatif siswa menurun yang ditandai dengan
siswa terlambat masuk kelas menurun 9,14 %. Aktivitas siswa minta izin keluar
menurun 6,06 %. Aktivitas siswa yang suka mengganggu teman juga mengalami
penurunan 3,03 %. Aktivitas siswa tidak menyerahkan tugas tepat waktu juga
mengalami penurunan 12,17 %.
Peningkatan pembelajaran tersebut selama siklus II guru dalam diskusi
silang mengelompokkan siswa berdasarkan heterogenitas ( rendah, sedang,
tinggi), guru juga memberikan kebebasan lebih dari siswa untuk berdiskusi dan
mengemukakan idenya selama proses belajar mengajar dan guru juga memberikan
bonus berupa tambahan nilai bagi siswa yang aktif dalam belajar.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model
pembelajaran Cross Over Discussion dapat meningkatkan motivasi belajar siswa
kelas XI IPS 2 SMAN I Ampek Angkek Kabupaten Agam. Oleh sebab itu dalam
proses belajar mengajar di kelas supaya motivasi belajar siswa meningkat
dalam mengajukan pertanyaan, menjawab pertanyaan, dan mencatat pertanyaan
disarankan kepada guru untuk menggunakan model pembelajaran Cross Over
Discussion.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi-S1 |
Depositing User: | Risna Juita S.IP |
Date Deposited: | 18 Sep 2025 07:29 |
Last Modified: | 18 Sep 2025 07:29 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24787 |