Pengaruh Metode Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Teknik Listrik Siswa Kelas X Teknik Audio Video SMK N 1 Padang

Lorenza, Medina Lima (2017) Pengaruh Metode Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Teknik Listrik Siswa Kelas X Teknik Audio Video SMK N 1 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_05_MEDINA_LIMA_LORENZA_1302390_3130_2017.pdf] Text
B1_05_MEDINA_LIMA_LORENZA_1302390_3130_2017.pdf

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat ada tidaknya perbedaan antara hasil
belajar dengan menggunakan Metode Pembelajaran Mind Mapping dan hasil
belajar yang menggunakan pendekatan saintifik Problem Based Learning. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah Terdapat pengaruh yang
signifikan metode pembelajaran peta pikiran (Mind Map) terhadap hasil belajar
siswa pada mata pelajaran Teknik Listrik kelas X Teknik Audio Video SMK
Negeri 1 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan
rancangan quasi experimental dengan desain posttest only control design. Sampel
penelitian yaitu kelas X AV-B sebagai kelas eksperimen menggunakan model
pembelajaran Mind Mapping dan kelas X AV-C sebagai kelas kontrol
menggunakan pendekatan saintifik tipe Problem Based Learning. Teknik
pengumpulan data dari post-test pada kelas eksperimen dan kelas kontrol, kemudian dianalisis untuk uji homogenitas, uji normalitas dan uji hipotesis. Dari
hasil penelitian kelas eksperimen didapatkan nilai rata-rata 83,16, sedangkan kelas
kontrol mendapatkan nilai rata-rata 76,63. Hasil perhitungan hipotesis pada taraf
signifikan α=0,05 didapatkan thitung> ttabel yaitu 3,01 > 1,674, karena thitung besar
dari ttabel,maka hipotesis Nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima.
Dapat disimpulkan berarti pada taraf nyata, penelitian ini memperlihatkan bahwa,
terdapat pengaruh hasil belajar siswa yang signifikan antara penggunaan Metode
Pembelajaran Mind Mapping dengan pendekatan saintifik tipe Problem Based
Learning pada mata pelajaran Teknik Listrik siswa Teknik Audio Video di
SMKN 1 Padang. Maka Metode Pembelajaran Mind Mapping lebih baik di bandingkan dengan pendekatan saintifik tipe Problem Based Learning.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran Mind Mapping
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika-S1
Depositing User: Mulida Djamarin S.Sos
Date Deposited: 18 Sep 2025 07:25
Last Modified: 18 Sep 2025 07:25
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24761

Actions (login required)

View Item
View Item