Peningkatan Perkembangan Moral Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Storytelling di TK Aisyiyah Sigiran Kecamatan Tanjung Raya.

Hafizah, Hafizah (2012) Peningkatan Perkembangan Moral Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Storytelling di TK Aisyiyah Sigiran Kecamatan Tanjung Raya. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_HAFIZAH 956662009 Peningkatan Perkembangan Moral Anak Usia D.pdf] Text
final_B1_HAFIZAH 956662009 Peningkatan Perkembangan Moral Anak Usia D.pdf

Download (435kB)

Abstract

Perkembangan moral anak di TK Aisyiyah Sigiran Kecamatan Tanjung Raya
pada awalnya masih rendah. Hal ini terlihat masih banyak anak yang kurang
memahami perilaku baik dan buruk tentang saling menghormati dan berperilaku
mulia. Salah satu penyebanya adalah upaya yang dilakukan guru dalam
menanamkan moral pada anak selama ini masih kurang tepat.Tujuan penelitian ini
adalah untuk melakukan perbaikan terhadap cara guru dalam memberikan
penanaman moral pada anak dengan kegiatan storytelling sehingga anak dapat
memahami perilaku moral yang baik dan yang buruk.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research)
yaitu suatu penelitian yang bertujuan untuk memperbaiki kinerja guru dalam
meningkatkan mutu pembelajaran. Subjek penelitian adalah TK Aisyiyah Sigiran
Kecamatan Tanjung Raya pada kelompok B usia 5-6 tahun. Dengan jumlah
peserta didik 15 orang anak yang terdiri dari 10 orang anak laki-laki dan 5 orang
perempuan. Dilaksanakan pada tahun ajaran 2011/ 2012. Data penelitian
diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, selanjutnya diolah
dengan teknik persentase. Prosedur penelitian ini di lakukan dalam 2 siklus
dengan 3 kali pertemuan pada setiap siklusnya.
Hasil penelitian di setiap siklus telah menunjukan adanya peningkatan
Perkembangan moral anak, pada siklus I perkembangan moral anak masih banyak
yang rendah, setelah dilakukan tindakan pada siklus II terjadi peningkatan.
Peningkatan Perkembangan moral anak ini terlihat sebelum tindakan pada kondisi
awal. Hal ini menunjukan bahwa perkembangan moral anak mengalami
peningkatan dari sebelum tindakan sampai dilakukan tindakan siklus II. Jadi bisa
di simpulkan bahwa kegiatan Storytelling di TK Aisyiyah Sigiran dapat
meningkatkan Perkembangan moral anak.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1
Depositing User: Risna Juita S.IP
Date Deposited: 18 Sep 2025 07:25
Last Modified: 18 Sep 2025 07:25
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24759

Actions (login required)

View Item
View Item