Putriani, Lisa (2012) Konsep Diri Siswa Tinggal Kelas di SMA Negeri Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_LISA PUTRIANI_01322_2011.pdf [thumbnail of final_B1_LISA PUTRIANI_01322_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_LISA PUTRIANI_01322_2011.pdf
Download (1MB)
Abstract
Konsep diri adalah pandangan atau penilaian seseorang tentang dirinya sendiri baik menyangkut kognitif, emosional, dan sosial. Sekolah sebagai lembaga formal bertanggung jawab mengembangkan konsep diri siswa. Penelitian ini beranjak dari fenomena yang ada bahwa siswa tinggal kelas di SMA Negeri 2 Padang memiliki konsep diri yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konsep diri siswa tinggal kelas yang ada di SMA Negeri Kota Padang. Penelitian ini tergolong penelitian deskriptif. Populasi adalah seluruh siswa tinggal kelas di SMA Negeri Kota Padang yang berjumlah 189 orang, sedangkan sampel penelitian sejumlah 48 orang. Alat pengumpulan data adalah angket. Teknik analisis data menggunakan statistik sederhana. Hasil penelitian mengungkapkan lebih dari 50% siswa tinggal kelas konsep dirinya berada pada kategori sangat tinggi dan tinggi pada aspek kognitif, emosional, dan sosial. Sehingga konsep diri siswa tinggal kelas di SMA Negeri Kota Padang tergolong positif. Implikasi hasil penelitian bagi pelaksana bimbingan dan konseling adalah sebagai bahan pertimbangan penyusunan program pelayanan BK dalam mengembangkan konsep diri siswa tinggal kelas. Berdasarkan temuan penelitian disarankan kepada: (1) Guru Pembimbing agar dapat membantu siswa tinggal kelas yang memiliki konsep diri negatif lebih diupayakan ke arah yang positif, dan bagi siswa tinggal kelas yang memiliki konsep diri positif perlu dipertahankan, (2) Wali Kelas agar bekerjasama dengan Guru pembimbing dalam mengentaskan masalah siswa tinggal kelas, sehingga semua masalah siswa berkaitan dengan pengembagan diri termasuk peningkatan konsep diri pada masing-masing aspek dapat terentaskan, (3) Peneliti selanjutnya agar dapat membahas aspek lain dari konsep diri, sehingga dapat melihat gambaran yang lebih kompleks dari konsep diri siswa tinggal kelas.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | KONSEP DIRI SISWA TINGGAL KELAS |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling-S1 |
Depositing User: | Fitri Yelli S.Sos |
Date Deposited: | 18 Sep 2025 07:24 |
Last Modified: | 18 Sep 2025 07:24 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24755 |