Putra, Rian Darmija (2016) Kontribusi Cara Belajar dan Sarana Prasarana Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Teknik Audio Video Pada Mata Pelajaran Menerapkan Dasar Dasar Elektronika di SMKN 1 Koto XI Tarusan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_05_RIAN_DARMIJA_PUTRA_1102083_6025_2016.pdf [thumbnail of B1_05_RIAN_DARMIJA_PUTRA_1102083_6025_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_05_RIAN_DARMIJA_PUTRA_1102083_6025_2016.pdf
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi masalah rendahnya hasil belajar pada mata pelajaran Menerapkan Dasar Dasar Elektronika pada semester ganjil tahun ajaran
2015/2016, dimana 46,67% siswa mendapat nilai dibawah Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Tujuan penelitian ini untuk mengungkap seberapa besar kontribusi cara belajar dan sarana prasarana secara sendiri-sendiri maupun
bersama-sama terhadap hasil belajar. Populasi penelitian ini berjumlah 30 orang dan sampel berjumlah 30 orang siswa kelas X Teknik Audio Video di SMKN 1 Koto XI Tarusan. Teknik sampling yang digunakan adalah Total Sampling
(Sampel Penuh). Data mengenai hasil belajar siswa diperoleh dari guru mata pelajaran Menerapkan Dasar Dasar Elektronika. Sedangkan data cara belajar dan sarana prasarana dikumpulkan melalui angket yang disebar kepada siswa dengan
menggunakan skala Likert yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil analisis data menunjukkan bahwa (1) cara belajar dan sarana prasarana secara bersama-sama berkontribusi secara signifikan terhadap hasil belajar siswa SMKN 1 Koto XI Tarusan sebesar 42,96%, (2) cara belajar berkontribusi secara signifikan terhadap hasil belajar siswa SMKN 1 Koto XI Tarusan sebesar 30,09%, (3) sarana prasarana berkontribusi secara signifikan terhadap hasil belajar siswa
SMKN 1 Koto XI Tarusan sebesar 26,68%. Jadi dapat disimpulkan bahwa cara belajar dan sarana prasarana berkontribusi terhadap hasil belajar siswa di SMKN 1
Koto XI Tarusan, semakin tinggi cara belajar dan semakin penggunaan sarana prasarana, maka semakin tinggi hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 18 Sep 2025 07:19 |
Last Modified: | 18 Sep 2025 07:19 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24731 |