Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran CD Interaktif Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Memperbaiki CD Player Kelas XI Teknik Audio Video SMKN 1 Sumatera Barat

Permala, Rezky (2018) Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran CD Interaktif Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Memperbaiki CD Player Kelas XI Teknik Audio Video SMKN 1 Sumatera Barat. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_05_REZKY_PERMALA_1302431_2050_2018.pdf] Text
B1_05_REZKY_PERMALA_1302431_2050_2018.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara menggunakan media pembelajaran CD Interaktif dengan pembelajaran langsung pada mata pelajaran Memperbaiki CD Player kelas XI Teknik Audio Video SMK Negeri 1 Sumatera Barat tahun ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini
bersifat quasi experimen. Pengambilan sampel dengan teknik totaliting sample,(semua populasi dijadikan sampel). Sampel penelitian yaitu kelas XI TAV A sebagai kelas Eksperimen menggunakan media pembelajaran CD Interaktif dan
kelas XI TAV B sebagai kelas Kontrol menggunakan pembelajaran langsung. Teknik pengumpulan data dari post-test pada kelas eksperimen dan kelas kontrol, kemudian dianalisis untuk uji homogenitas, uji normalitas dan uji
hipotesis. Dari hasil penelitian kelas eksperimen didapatkan nilai rata-rata 82,29,sedangkan kelas kontrol mendapatkan nilai rata-rata 75,93. Hasil perhitungan hipotesis pada taraf signifikan α=0,05 didapatkan thitung> tyaitu 4,14 > 1,70,karena thitung besar dari ttabel, maka hipotesis nihil (H0tabel ) ditolak dan hipotesis alternatif (H
) diterima. Dengan rata-rata eksperimen 82,29, dan rata-rata kontrol 75,93, maka didapat persentase pengaruh sebesar 6,38%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pada taraf nyata, penelitian ini memperlihatkan terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan media pembelajaran CD
Interaktif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Memperbaiki CD Player kelas XI Teknik Audio Video di SMK Negeri 1 Sumatera Barat. Maka penggunaan media pembelajaran CD Interaktif lebih baik digunakan saat pembelajaran dibandingkan dengan pembelajaran langsung.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 18 Sep 2025 07:17
Last Modified: 18 Sep 2025 07:17
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24721

Actions (login required)

View Item
View Item