Upaya Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Menggunakan Kombinasi LKS dengan Model Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Pada Siswa Kelas X.5 SMAN 1 Lubuk Sikaping

Resmita, Irma (2011) Upaya Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Menggunakan Kombinasi LKS dengan Model Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Pada Siswa Kelas X.5 SMAN 1 Lubuk Sikaping. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_IRMA_RESMITA_73692_1328_2011.pdf] Text
final_B1_IRMA_RESMITA_73692_1328_2011.pdf

Download (165kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi menggunakan kombinasi LKS dengan model kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) pada siswa kelas X.5 SMAN 1 Lubuk Sikaping. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan subjek penelitian adalah siswa kelas X.5 yang berjumlah sebanyak 32 orang siswa dan terdiri dari 6 orang laki-laki dan 26 orang perempuan. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi yang digunakan untuk melihat perubahan aktivitas belajar siswa pada siklus I, II, III dan IV. Untuk hasil belajar menggunakan tes. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis persentase. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan persentase aktivitas belajar siswa yang sangat memuaskan. Persentase aktivitas belajar positif siswa pada siklus I 78,65%, siklus II 81,77%, siklus III 83,86% dan siklus IV 92,70% . Peningkatan yang terjadi pada setiap siklus masuk kriteria baik sekali. Sedangkan persentase perubahan aktivitas negatif siswa pada siklus I 25%, siklus II 20,32%, siklus III 17,16% dan siklus IV 6,26%. Ini menunjukkan setiap siklus terjadi penurunan aktivitas negatif. Aktivitas belajar siswa mempengaruhi hasil belajar. Pada siklus I persentase aktivitas belajar 78,65% dan hasil belajarnnya 78,13%. Pada siklus II persentase aktivitas 81,77% dan hasil belajar 87,50%, pada siklus III aktivitas belajar 82,19% dan hasil belajar 87,50%. Pada siklus IV terjadi peningkatan aktivitas belajar menjadi 92,70% dan hasil belajar meningkat menjadi 100%. Hal ini dikarenakan dalam pelaksanaan penelitian dengan menggunakan kombinasi LKS dengan model kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) menuntut siswa untuk aktif dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, disarankan kepada guru agar dalam pelaksanaan pembelajaran menggunakan kombinasi LKS dengan model kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan sehingga menumbuhkan sikap yang komunikatif antar guru dengan siswa, siswa dengan siswa untuk dapat meningkatkan keaktivan siswa sehingga penggunaan kombinasi LKS dengan model kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) terlaksana dengan baik.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi-S1
Depositing User: Yola Aprilia Putri
Date Deposited: 18 Sep 2025 02:58
Last Modified: 18 Sep 2025 02:58
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24705

Actions (login required)

View Item
View Item