Ramfineli, Disha Hikarahmi (2022) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Model Cooperative Learning Tipe Time Token Kelas IV SDN 56 Anak Air. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_DISHA_HIKARAHMI_RAMFINELI_18129007_2054_2022.pdf [thumbnail of final_B1_6_DISHA_HIKARAHMI_RAMFINELI_18129007_2054_2022.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_DISHA_HIKARAHMI_RAMFINELI_18129007_2054_2022.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran tematik terpadu yang
berpusat pada guru, guru kesulitan mengajak seluruh peserta didik aktif dalam
pembelajaran, hanya beberapa peserta didik yang aktif dan antusias dalam
mengkomunikasikan pendapatnya di kelas, tentu hal ini membuat peserta didik
lainnya menjadi tidak aktif karena didominasi oleh peserta didik yang percaya diri
saja. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan hasil belajar
peserta didik dalam pembelajaran tematik terpadu menggunakan model
Cooperative Learning tipe Time Token.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang
menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dalam pelaksanaannya,
penelitian ini terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dua kali pertemuan dan siklus II
satu kali pertemuan. Meliputi empat tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan,
pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN
56 Anak Air yang berjumlah 15 orang. Data penelitian diperoleh dari penilaian
rencana pelaksaan pembelajaran, pelaksanaan, dan hasil belajar. Teknik
pengumpulan data menggunakan lembar observasi, dokumentasi, tes dan non tes.
Hasil penelitian ini dapat dilaporkan bahwa penilaian RPP siklus I
memperoleh skor rata-rata 85% dengan kualifikasi baik, meningkat pada siklus II
memperoleh skor 95% dengan kualifikasi sangat baik. Aktivitas guru siklus I
diperoleh skor rata-rata 84,38% dengan kualifikasi baik, meningkat pada siklus II
memperoleh skor 93,75% dengan kualifikasi sangat baik. Aktivitas peserta didik
siklus I diperoleh skor rata-rata 84,38% dengan kualifikasi baik, meningkat pada
siklus II memperoleh skor 93,75% dengan kualifikasi sangat baik. Hasil belajar
peserta didik siklus I memperoleh skor rata-rata 75,67 dengan kualifikasi baik,
meningkat pada siklus II 86,83 dengan kualifikasi sangat baik, dilihat dari segi
sikap, pengetahuan, dan keterampilan peserta didik semakin meningkat dari siklus
I sampai siklus II. Dapat disimpulkan, bahwa menggunakan model Cooperative
Learning tipe Time Token dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam
pembelajaran tematik terpadu di kelas IV SDN 56 Anak Air.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 18 Sep 2025 02:21 |
Last Modified: | 18 Sep 2025 02:21 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24700 |