Frananda., Reza (2022) Hubungan Self Esteem dengan Kecanduan Game Online. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_05_REZA_FRANANDA_17006172_6149_2022.pdf [thumbnail of B1_05_REZA_FRANANDA_17006172_6149_2022.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_05_REZA_FRANANDA_17006172_6149_2022.pdf
Download (1MB)
Abstract
Kecanduan game online adalah salah satu dari beberapa bentuk kecanduan yang disebabkan oleh perkembangan teknologi, salah satunya adalah internet atau
lebih dikenal dengan istilah internet additive disorder. Penggunaan internet yang berlebihan disebabkan oleh faktor kognitif yang mempengaruhi pikiran dan keyakinan individu terhadap suatu kegiatan online sehingga dapat memperbesar
atau mempertahankan respon maladaptif. Mereka biasanya mengalami pikiran terdistorsi tentang diri dan dunia, termasuk pandangan negatif tentang diri atau biasa disebut dengan harga diri/ self esteem. Terdapat beberapa siswa yang
menemukan keasyikan bermain game sehingga mendapatkan kenyamanan di game dan lupa dengan waktu dan lingkungannya sosialnya. Salah satu faktor penyebabnya yang diduga mempengaruhi kecanduan game online adalah rendahnya self esteem. Oleh sebab itu permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah “ hubungan self esteem dengan kecanduan game online?”. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif
korelasional dengan populasi 492 siswa SMA N 4 Sungai Penuh. Penarikan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik stratified random sampling sehingga diperoleh sampel sebnayak 221 siswa. Instrumen pengumpulan data
adalah angket self esteem dan kecanduan game online pada siswa dengan menggunakan skala model Likert. Data diolah menggunakan teknik statistik deskriptif persentase dan teknik korelasi product moment pearson dengan
program SPSS versi 20.0 for windows. Hasil penelitian ini menungkapkan bahwa: (1) self esteem siswa SMA N 4
Sungai Penuh dengan skor rata-rata capaian 82,53%. 48,87% kebanyakan memiliki self esteem berada pada kategori tinggi (2) kecanduan game online siswa SMA N 4 Sungai Penuh dengan skor rata-rata capaian 51,44%. 50,68% kebanyakan kecanduan game online berada kategori sedang, (3) terdapat
hubungan yang negatif dan signifikan antara self esteem dengan kecanduan game
online di SMA N 4 Sungai Penuh dengan koefisien korelasi sebesar -0,276 dan
nilai signifikansi sebesar 0,000. Artinya semakin tinggi self esteem maka semakin
rendah kecanduan game online, begitupun sebaliknya semakin rendah self esteem maka semakin tinggi kecanduan game online. Guru BK perlu merancang program meningkatkan self esteem menjadi sangat tinggi dan mengurangi kecanduan game
online.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 17 Sep 2025 08:59 |
Last Modified: | 17 Sep 2025 08:59 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24663 |