Hubungan Komunikasi Guru-Siswa dengan Kedisiplinan Siswa di Sekolah

Gusniati, Revi (2018) Hubungan Komunikasi Guru-Siswa dengan Kedisiplinan Siswa di Sekolah. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_05_REVI_GUSNIATI_1300404_2132_2018.pdf] Text
B1_05_REVI_GUSNIATI_1300404_2132_2018.pdf

Download (1MB)

Abstract

Komunikasi guru-siswa yang baik dalam mendisiplinkan akan dapat
meningkatkan kedisiplinan siswa di sekolah. Pada kenyataannya masih adanya guru
yang kurang baik dalam menerapkan komunikasi dengan siswa di sekolah. Hal ini
ditunjukkan adanya siswa yang masih melanggar dan tidak menerapkan kedisiplinan
di sekolah baik itu melanggar aturan sekolah, maupun cara berpakaian serta
mengikuti kegiatan yang ada di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk
mendeskripsikan hubungan antara komunikasi guru-siswa dengan kedisiplinan
siswa di SMP N 22 Padang.

Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasional yaitu menguji hubungan dua
variabel yaitu komunikasi guru-siswa (X) dengan kedisiplinan siswa di sekolah
(Y). Sampel penelitian adalah siswa SMP N 22 Padang yang berjumlah 231
orang. Instrumen yang digunakan adalah angket yang sudah diuji validitas dengan
jumlah item 53 pernyataan dan realibilitasnya yaitu 0,906. Data diolah
menggunakan teknik analisis statistik deskriptif untuk mendeskripsikan hasil
penelitian dan untuk menguji hubungan dua variabel data diolah menggunakan
rumus Pearson Product Moment correlation dengan bantuan komputer.

Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: (1) Kualitas komunikasi guru-
siswa dalam mendisiplinkan siswa di sekolah dengan kategori cukup, (2) Tingkat
kedisiplinan siswa di sekolah berada pada kategori tinggi, (3) Terdapat hubungan
yang signifikan antara komunikasi guru-siswa dengan kedisiplinan siswa
signifikansi 0,00 r-tabel 0,129 dan r-hitung 0,550. Berdasarkan temuan penelitian
ini, disarankan Guru Bimbingan dan Konseling/Konselor dapat memberikan
komunikasi yang baik dalam mendisiplinkan siswa dengan bantuan layanan
berupa layanan informasi, layanan konseling individual, layanan bimbingan
kelompok, dan layanan konseling kelompok untuk mempertahankan kedisiplinan
yang tinggi dan komunikasi guru-siswa yang baik di sekolah serta meningkatkan
kedisiplinan yang cukup dan komunikasi yang kurang baik di sekolah.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 17 Sep 2025 08:56
Last Modified: 17 Sep 2025 08:56
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24653

Actions (login required)

View Item
View Item