Nurjanah, Igus (2011) Pengembangan Model Media Berbasis Teknologi Pembelajaran Geografi di Kelas X SMA Negeri 7 Tanjung Ampalu Kabupaten Sijunjung. Diploma/Tugas Akhir thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_IGUS_NURJANAH_79369_1549_2011.pdf [thumbnail of final_B1_IGUS_NURJANAH_79369_1549_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_IGUS_NURJANAH_79369_1549_2011.pdf
Download (822kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan suatu media pembelajaran dalam bentuk Compact Disc (CD) Interaktif yang dapat mempermudah siswa dalam pembelajaran sejarah pembentukan bumi . Penelitian ini juga untuk memperoleh gambaran tentang kelayakan media Power Point pada pembelajaran geografi untuk pokok bahasan sejarah pembentukan bumi . Penelitian ini merupakan Penelitian dan Pengembangan (Research and Development atau R & D) yaitu suatu proses atau langkah-langkah untuk mengembangkan suatu produk baru atau menyempurnakan produk yang telah ada, yang dapat dipertanggung jawabkan media ini di uji cobakan di SMA Negeri 7 Sijunjung kepada 35 orang siswa kelas X , 3 Guru Geografi dan Kepala Sekolah SMA Negeri 7 Sijunjung serta Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sijunjung teknik pengambilan data di analisis dengan menggunakan rating scale Pengembangan media pembelajaran dalam penelitian ini menggunakan model pengembangan 4-D Thiagarajan. Model 4-D terdiri dari 4 tahap yaitu tahap define (pendefenisian), tahap design (perancangan), tahap develop (pengembangan) dan tahap disseminate (penyebaran). Tahap-tahap yang dilakukan dalam pengembangan media ini adalah: 1) analisis awal. Pembelajaran geografi 2) analisis kebutuhan siswa dalam pembelajaran geografi 3) analisis materi yang akan dikembangkan. Setelah itu dilakukan tahap perencanaan yang meliputi 1) penyusunan materi sesuai dengan kurikulum, standar kompetensi, kompetensi dasar dan indikator,2) perancangan awal media pembelajaran, c) membuat media pembelajaran menggunakan komputer dengan program Power Point . Setelah itu dilakukan tahap pengembangan (develop), meliputi: 1) validasi Power Point yang telah dibuat oleh validator, 2) revisi berdasarkan hasil penilaian oleh validator. Tahap selanjutnya adalah uji coba kelayakan media, 1) tampilan, b) isi dan c) kepraktisan (kemanfaatan) yang terdapat pada media. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji coba kelayakan media Power Point yang dilakukan kepada siswa adalah 93,66%, guru geografi 92,33%, kepala sekolah dan kepala Dinas Pendidikan 94,67% terhadap media Power Point pada pembelajaran geografi pokok bahasan sejarah pembentukan bumi. Hasil ini berada dalam kriteria sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran ditinjau dari segi bentuk, isi, motivasi dan kepraktisan.
Item Type: | Thesis (Diploma/Tugas Akhir) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sejarah Pembentukan Bumi,SMA Negeri 7 Sijunjung |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi-S1 |
Depositing User: | Faldo Aldiasep |
Date Deposited: | 17 Sep 2025 08:02 |
Last Modified: | 17 Sep 2025 08:02 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24642 |