Andre, Muhammad (2011) Meningkatkan Hasil Belajar dengan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Berbagi Pengetahuan Secara Aktif pada Standar Kompetensi Menggunakan Alat-alat Ukur Siswa Kelas I Jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMKN 4 Solok Selatan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_MUHAMMAD_ANDRE_57575_3795_2011.pdf [thumbnail of final_B1_MUHAMMAD_ANDRE_57575_3795_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_MUHAMMAD_ANDRE_57575_3795_2011.pdf
Download (821kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dari pengamatan hasil belajar siswa yangrendah. Melalui pengamatan dan observasi yang dilakukan penyebabnya sebagiansiswa tidak mau bertanya, mengeluarkan pendapat dan tidak aktif dalam belajarsehingga guru tidak mengetahui sejauhmana pemahaman siswa terhadap materipembelajaran yang diberikan. Selain itu siswa juga kurang memperhatikan guruketika memberikan pelajaran, ini terlihat jika guru mengajukan pertanyaan sangatsedikit siswa yang mengacungkan tangan dan berani menjawab serta kemampuanberfikir siswa sangat rendah karena metoda pembelajaran yang digunakansebelumnya tidak mengembangkan kemampuan berfikir siswa. Penyebabmunculnya permasalahan tersebut dikarena metode pembelajaran kurangmelibatkan siswa aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untukmengetahui penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Berbagi PengetahuanSecara Aktif sebagai upaya meningkatkan hasil belajar siswa pada StandarKompetensi Menggunakan Alat-Alat Ukur di kelas 1 TKR SMKN 4 SolokSelatan. Hipotesis Tindakan yang diajukan adalah apakah dengan penggunaanStrategi Pembelajaran Aktif Tipe Berbagi Pengetahuan Secara Aktif dapatmeningkatkan hasil belajar siswa pada Standar Kompetensi Menggunakan AlatAlat Ukur di kelas 1 TKR SMKN 4 Solok Selatan.Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Siswa yang dijadikansubjek penelitian adalah siswa kelas I jurusan Teknik Kendaraan Ringan yangberjumlah 28 orang, Penelitian ini terdiri dari 2 siklus. Instrumen penelitian yangdigunakan adalah format lembaran observasi lembaran tes akhir siklus sehiggadata dikumpulkan melalui lembaran observasi dan lembaran hasil tes hasil belajar.Kriteria Ketuntasan Minimal Standar Kompetensi Menggunakan Alat-Alat Ukuryang telah ditetapkan sekolah yaitu 70.Hasil analisis terhadap aktifitas siswa selama proses pembelajaran padasetiap siklus mengalami peningkatan. Pada siklus I masih ada beberapa aktifitassiswa belum memuaskan. Sedangkan pada siklus II semua aktifitas siswa sudahmulai mengalami peningkatan dan guru pada umumnya telah melakukan aktifitasyang seharusnya dilakukan dalam pembelajaran. Rata-rata hasil belajar siswamulai dari pra siklus sampai siklus II mengalami peningkatan mulai dari 59,64sampai 79.28. Jumlah siswa yang tuntas juga mengalami peningkatan mulai dari64.28% sampai 92.85%. Berdasarkan penelitian tindakan kelas (classroom actionresearch) dapat disimpulkan bahwa Strategi Pembelajaran Aktif Tipe BerbagiPengetahuan Secara Aktif dapat meningkatkan aktifitas dan hasil belajar padaStandar Kompetensi Menggunakan Alat-Alat Ukur Siswa Kelas I Jurusan TeknikKendaraan Ringan SMKN 4 Solok Selatan.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | HASIL BELAJAR, PEMBELAJARAN AKTIF, TEKNIK OTOMOTIF |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 17 Sep 2025 08:02 |
Last Modified: | 17 Sep 2025 08:02 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24641 |