Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) di Kelas IV SD Negeri 3 Padang Panjang Barat

D’Habsari, Jihan Fira (2022) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) di Kelas IV SD Negeri 3 Padang Panjang Barat. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_HABSARI_18129268_1738_2022.pdf] Text
final_B1_HABSARI_18129268_1738_2022.pdf

Download (767kB)

Abstract

Penelitian ini diawali dengan observasi, hasil observasi menunjukkan
bahwa pada kenyataannya bahwa guru belum menggunakan rpp dengan
model Problem Based Learning (PBL), guru masih mendominasi dalam
proses pembelajaran tematik dibandingkan peserta didik, peserta kurang
mampu memecakan masalah dalam materi pembelajaran. Sehingga peserta
peserta didik kurang aktif dalam pembelajaran dan hasil belajar peserta
didik rendah. Tujuan penelitian ini secara umum proses pembelajaran
tematik terpadu dengan menggunakan model Problem Based Learning
(PBL) di kelas IV.
Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dan kuantitatif.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang
dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I terdiri dari 2 pertemuan, dan
siklus II terdiri dari 1 pertemuan. Disetiap siklus tersebut meliputi empat
tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek
penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas IV dengan jumlah 28
orang peserta didik. Data penelitian dikumpulkan menggunakan observasi,
tes, non tes. Instrumen Penlitian. Instrumen yang digunakan dalam
penelitian ini yaitu teknik observasi dan lembar tes pada pembelajaran
tematik terpadu.
Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada : a) RPP siklus I dengan
rata- rata 73,60% (cukup) dan siklus II 94,44% (sangat baik), b)
Pelaksanaan pada aspek guru siklus I dengan rata-rata 78,57% (baik) dan
siklus II 92,85% (sangat baik), sedangkan pelaksanaan pada aspek peserta
didik siklus I dengan rata-rata 78,57% (baik), dan siklus II 92,85% (sangat
baik), c) Penilaian terhadap peserta didik dalam peningkatan hasil belajar
pada siklus I diperoleh dengan rata-rata 71,45 dan siklus II dengan rata-rata
85. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan model
Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan proses pembelajaran
tematik terpadu dikelas IV.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Tematik Terpadu, Model Problem Based Learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Risna Juita S.IP
Date Deposited: 17 Sep 2025 08:00
Last Modified: 17 Sep 2025 08:01
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24632

Actions (login required)

View Item
View Item