Fauziati, Lily (2011) Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman melalui Model Talking Stick di Kelas V Sdn 29 Purus Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_LILY_FAUZIATI_07655_2011.pdf [thumbnail of final_B1_LILY_FAUZIATI_07655_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_LILY_FAUZIATI_07655_2011.pdf
Download (205kB)
Abstract
Berdasarkan observasi dan wawancara yang peneliti lakukan di SD Negeri 29 Purus Kota Padang dengan guru kelas V, terungkap bahwa keterampilan membaca pemahaman siswa tidak begitu berkembang. Kompetensi yang akan dicapai dalam pembelajaran tidak dijelaskan dengan rinci. Hal ini dapat diatasi melalui model Talking Stick yang dapat melatih siswa untuk lebih siap dalam belajar, model Talking Stick merupakan model yang dapat membuat terobosan baru dalam kegiatan pembelajaran, model Talking Stick memicu siswa untuk membaca pemahaman serta dapat membuat siswa lebih aktif, kreatif dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negero 29 Purus Kota Padang. Proses pembelajaran terdiri atas tiga kegiatan, yaitu : 1) Kegiatan awal, 2) Kegiatan inti yang terdiri dari tiga tahap a) tahap prabaca, b) tahap saat baca, c) tahap pasca baca, dan 3) Kegiatan akhir. Untuk mengetahui peningkatan hasil penilaian peningkatan keterampilan membaca pemahaman melalui model Talking Stick digunakan data yang berkaitan dengan aktivitas siswa dan aktivitas guru, serta pencapaian peningkatan keterampilan membaca pemahaman siswa. Hasil penelitian setelah siklus I,II, telah mencapai peningkatan dibandingkan sebelum diadakannya tindakan kelas. Dapat dilihat dalam lampiran sebelum tindakan ketercapaian yang diperoleh siswa adalah70.2 %, setelah siklus I diperoleh 76.1 %, dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 84.4 %. Terbukti model Talking Stick telah dapat meningkatkan pembelajaran keterampilan membaca pemahaman.keberanian, ketepatan isi bacaan, intonasi serta ekspresi yang ditampilkan pada membaca siswa semakin baik. Daya imajinasi merekapun semakin berkembang saat menceritakan kembali ke depan kelas, dengan memperhatikan pilihan kata dan santun berbahasa. Saran yang dapat diberikan adalah dalam peningkatan keterampilan membaca pemahaman siswa adalah guru perlu selalu melakukan berbagai inovasi dan terobosan baru yang dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa, khususnya melalui model Talking Stick.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN, MODEL TALKING STICK |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Fitri Yelli S.Sos |
Date Deposited: | 17 Sep 2025 08:00 |
Last Modified: | 17 Sep 2025 08:00 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24625 |