Novita, Ice Maria (2009) Upaya Meningkatkan Partisipasi dan Hasil Belajar Akuntansi Siswa Dengan Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Think Pair Share. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_ICE MARIA NOVITA 65124-05-09.pdf [thumbnail of final_B1_ICE MARIA NOVITA 65124-05-09.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_ICE MARIA NOVITA 65124-05-09.pdf
Download (172kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan partisipasi dan hasil belajar Akuntansi siswa kelas I AK 3 dengan menggunakan model Cooperative Learning tipe Think Pair Share di SMKN 3 Padang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan di SMKN 3 Padang pada tanggal 17 April 2009 sampai dengan 15 Mei 2009 dengan melibatkan 38 orang siswa yang terdiri dari 32 orang perempuan dan 6 orang laki-laki. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, siklus I dua kali pertemuan dan siklus II dua kali pertemuan. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan lembaran observasi partisipasi belajar siswa. Data diolah dengan menggunakan teknik persentase (%) untuk melihat peningkatan partisipasi belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan partisipasi dan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Partisipasi siswa dalam hal kehadiran naik sebesar 7,89%, mengerjakan latihan (LKS) naik sebesar 27,63%, berbagi dengan pasangan naik sebesar 15,79%, partisipasi siswa tampil di depan kelas naik sebesar 36,84% dan partisipasi siswa dalam menanggapi pendapat dari pasangan yang tampil naik sebesar 26,32%. Secara keseluruhan partisipasi belajar siswa dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 21,32% dan partisipasi siswa sudah mencapai indikator yang telah ditetapkan sebelumnya. Kemudian pada indikator hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh rata-rata sebesar 68,03 dan pada siklus II rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi 84,50. Dari siklus I ke siklus II terjadi peningkatan rata-rata hasil belajar siswa sebesar 16,47 dan hasil belajar siswa pada siklus II sudah berada pada kriteria baik sekali. Dapat disimpulkan bahwa partisipasi dan hasil belajar Akuntansi siswa dengan menggunakan model Cooperative Learning tipe Think Pair Share berhasil diterapkan di kelas I AK 3 sehingga siswa aktif dan merasa senang dan juga berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa. Peneliti menyarankan kepada para guru untuk dapat menggunakan model Cooperative Learning tipe Think Pair Share dalam melaksanakan tugas pembelajaran demi meningkatkan kualitas pembelajaran itu sendiri dan agar proses pembelajaran tidak terkesan monoton.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Cooperative Learning,Partisipasi Belajar |
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi-S1 |
Depositing User: | Faldo Aldiasep |
Date Deposited: | 17 Sep 2025 07:59 |
Last Modified: | 17 Sep 2025 07:59 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24615 |