Andariyani, Ira Meike (2009) Faktor- Faktor yang Mempengaruhi Permintaan Konsumen Terhadap Kartu CDMA Telkom Flexi di Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_IRA MAIKE ANDRIYANI-05-2009.pdf [thumbnail of final_B1_IRA MAIKE ANDRIYANI-05-2009.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_IRA MAIKE ANDRIYANI-05-2009.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis : (1) Pengaruh harga Flexi (tarif Flexi) terhadap permintaan kartu CDMA Telkom Flexi. (2) Pengaruh selera konsumen terhadap permintaan konsumen kartu CDMA Telkom Flexi (3) Pengaruh pendapatan konsumen terhadap permintaan konsumen kartu CDMA Telkom Flexi (4) Pengaruh harga barang substitusi (tarif ESIA) terhadap permintaan konsumen kartu CDMA Telkom Flexi (5) Pengaruh tarif Flexi, selera konsumen, pendapatan dan tarif ESIA terhadap permintaan konsumen kartu CDMA Telkom Flexi di Padang Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan asosiatif yaitu penelitian yang mendeskripsikan variabel penelitian dan menemukan ada tidaknya pengaruh antara variabel bebas dengan variabel terikat. Jenis data dalam penelitian ini adalah data primer dari 100 sampel konsumen Telkom Flexi dengan teknik pengumpulan data angket. Teknik analisis data adalah deskriptif dan induktif. Analisis induktif terdiri dari Uji Prasyarat analisis yaitu uji multikelinearitas, uji normalitas, Uji Heterokedastisitas, Uji Regresi Linear Berganda, Uji t, Uji F test dengan 05,0=α dan analisis determinasi (R 2 ). Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa (1) Tingkat harga/tarif Flexi berpengaruh positif dan signifikan terhadap permintaan konsumen pada kartu CDMA Telkom Flexi di Padang Padang (sig = 0,004) dengan tingkat pengaruh sebesar 0,312 (2) Selera konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap permintaan konsumen pada kartu CDMA Telkom Flexi di Padang (sig = 0,007) dengan tingkat pengaruh sebesar 0,579 (3) Tingkat pendapatan berpengaruh positif dan signifikan terhadap permintaan konsumen pada kartu CDMA Telkom Flexi di Padang (sig = 0,001) dengan tingkat pengaruh sebesar 2,247 (4) Tingkat harga/tarif ESIA berpengaruh positif dan signifikan terhadap permintaan konsumen pada kartu CDMA Telkom Flexi di Padang (sig = 0,000) dengan tingkat pengaruh sebesar 0,282 dan (5) Harga/tarif Flexi, selera konsumen, pendapatan, dan harga/tarif ESIA secara bersamaan memberikan pengaruh terhadap permintaan konsumen pada kartu CDMA Telkom Flexi di Padang (sig = 0,000) Penulis menyarankan kepada (1) PT.Telkom Kandatel Sumatera Barat agar meningkatkan kualitas produk Flexi (2) PT Telkom diharapkan dapat terus menjaga kepercayaan masyarakat (3) PT Telkom diharapkan menciptakan keunikan dari produk Flexi misalnya pemakaian Flexi tanpa combo bila berada di luar kota (4) Perlu adanya peningkatan pengawasan dalam setiap pelaksanaan program yang dilaksanakan. dan sosialisasi yang lebih luas tentang flexi kepada masyarakat (5) Bagi pengguna telepon genggam diharapkan sangat cermat dan jeli dalam memilih jenis dan merk kartu yang akan digunakan untuk kebutuhan berkomunikasi agar kepuasan yang diperoleh sebanding dengan harga yang telah dibayarkan
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Permintaan Konsumen, Kartu CDMA Telkom Flexi |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Pembangunan-S1 |
Depositing User: | Yola Aprilia Putri |
Date Deposited: | 17 Sep 2025 07:57 |
Last Modified: | 17 Sep 2025 07:57 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24602 |