Hidayat, Muhamad Olla (2011) Korelasi Kemampuan Memahami Isi Puisi dengan Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas VII MTsN Model Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_MUHAMAD_OLLA_HIDAYAT_83505_5413_2011.pdf [thumbnail of final_B1_MUHAMAD_OLLA_HIDAYAT_83505_5413_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_MUHAMAD_OLLA_HIDAYAT_83505_5413_2011.pdf
Download (966kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan memahami isipuisi, keterampilan menulis puisi, dan korelasi antara kemampuan memahami isipuisi dengan keterampilan menulis puisi siswa kelas VII MTsN Model Padang.Jenis penelitian ini tergolong pada penelitian kuantitatif denganmenggunakan metode korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswakelas VII MTsN Model Padang yang terdaftar pada tahun pelajaran 2010/2011sebanyak 352 siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 33 orang yang dipilihlewat teknik random sampling.Data penelitian diperoleh melalui 2 tes yaitu tes objektif dan tes unjukkerja. Tes objektif digunakan untuk mengumpulkan data kemampuan memahamiisi puisi, sedangkan tes unjuk kerja digunakan untuk mengumpulkan dataketerampilan menulis puisi. Data dianalisis dengan menggunakan rumuspersentase, rata-rata hitung, product momen dan uji t untuk mengetahui hubunganantara kemampuan memahami isi puisi dengan menulis puisi siswa kelas VIIMTsN Model Padang.Berdasarkan analisis data dan pembahasan dapat diperoleh simpulansebagai berikut. Pertama, kemampuan memahami isi puisi siswa kelas VII MTsNModel Padang berada pada kualifikasi lebih dari cukup dengan nilai 72,20.Kedua, keterampilan menulis puisi siswa kelas VII MTsN Model Padang beradapada kualifikasi lebih dari cukup dengan nilai 70,20. Ketiga, terdapat hubunganpositif yang signifikan antara kemampuan memahami isi puisi denganketerampilan menulis puisi siswa kelas VII MTsN Model Padang. Dengandemikian, H0 ditolak karena terdapat hubungan yang signifikan antarakemampuan memahami isi puisi dengan keterampilan menulis puisi siswa kelasVII MTsN Model Padang dan H1 diterima karena kemampuan memahami isi puisidengan keterampilan menulis puisi memiliki hubungan yang signifikan. Hasilpengujian membuktikan bahwa thitung lebih besar dari ttabel yaitu 22,51 > 1,697.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PUISI,MENULIS |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 17 Sep 2025 07:56 |
Last Modified: | 17 Sep 2025 07:56 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24597 |