Prisma S, Mashindra (2011) Peningkatan Hasil Belajar Luas Bangun Datar melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Siswa Kelas III SDN 01 Bandar Buat Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_MASHINDRA_PRISMA S_90761_2011.pdf [thumbnail of final_B1_MASHINDRA_PRISMA S_90761_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_MASHINDRA_PRISMA S_90761_2011.pdf
Download (1MB)
Abstract
Pembelajaran luas bangun datar pada siswa SDN 01 Bandar Buat Padang masih
bersifat konvensional. Pembelajaran masih berpusat kepada guru, sehingga
membosankan bagi siswa. Untuk itu peneliti tertarik untuk memperbaiki proses
pembelajaran matematika khususnya pembelajaran luas persegi dan persegi panjang
melalui pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). Pendekatan CTL
dirasakan mampu mengatasi persoalan yang ada. Pada peningkatan hasil belajar luas
persegi dan persegi panjang melalui pendekatan CTL terdapat 7 langkah yaitu:
konstruktivisme, inkuiri, bertanya, masyarakat belajar, pemodelan, refleksi dan
penilaian otentik. Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah untuk
mendeskripsikan bentuk perencanaan, bentuk pelaksanaan dan hasil belajar siswa
dengan menggunakan pendekatan CTL pada pembelajaran luas bangun datar.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (class action research), dan
penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini
dilaksanakan dalam dua siklus, dilakukan dengan cara bekerjasama antara peneliti
dan guru. Data penelitian ini berupa informasi tentang data hasil tindakan yang
diperoleh dari hasil pengamatan, hasil observasi aktivitas guru dan siswa. Subjek
dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SD terteliti yang berjumlah 29 orang.
Analisis data dilakukan dengan menggunakan model analisis data. Prosedur
penelitian dilakukan melalui 4 tahap yaitu 1) perencanaan 2) pelaksanaan 3)
pengamatan 4) refleksi.
Hasil penelitian yang dilakukan persentase rata-rata kelas hasil belajar siswa
pada siklus I pertemuan 1 dengan materi luas persegi adalah 68,65%, pada siklus I
pertemuan 2 dengan materi persegi panjang adalah 71,48%, siklus II pertemuan 1
dengan materi luas persegi dan persegi panjang adalah 83,79% pada siklus II
pertemuan 2 adalah 88,8%. Kesimpulan yang didapatkan dari penelitian ini adalah
pendekatan CTL dapat meningkatkan hasil belajar luas bangun datar yaitu tentang
luas persegi dan persegi panjang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Umma Mardhotillah A.Md. |
Date Deposited: | 17 Sep 2025 04:54 |
Last Modified: | 17 Sep 2025 04:54 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24558 |