Yati, Hilda (2011) Keterampilan Siswa Mengikuti Pembelajaran dan Implikasinya dalam Pelayanan Bimbingan Konseling: Studi Deskriptif Terhadap Siswa SMP Negeri 2 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_HILDA_YATI_83201-2011.pdf [thumbnail of final_B1_HILDA_YATI_83201-2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_HILDA_YATI_83201-2011.pdf
Download (157kB)
Abstract
Keterampilan belajar merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan siswa dalam belajar. Keterampilan siswa mengikuti pembelajaran merupakan kemampuan atau kompetensi yang harus dikuasai oleh siswa untuk dapat berhasil dalam belajar. Kenyataan yang ditemukan di lapangan banyaknya siswa yang tidak siap mengikuti pembelajaran itu ditandai dengan kurangnya konsentrasi siswa dalam belajar, sebagian siswa membuat Pekerjaan Rumah (PR) di sekolah dan banyaknya siswa yang tidak memperhatikan guru menerangkan pelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keterampilan siswa mengikuti pembelajaran di SMP Negeri 2 (SMP N 2) Padang dalam hal: (1). Menyiapkan diri mengikuti pembelajaran (2). Mengikuti kegiatan belajar, dan (3). Menindaklanjuti materi pelajaran. Penelitian ini tergolong pada penelitian deskriptif kuantitatif, populasi penelitian berjumlah 411 orang yang terdaftar pada tahun ajaran 2010/2011 dan sampel penelitian sebanyak 135 orang siswa, teknik pengambilan sampel yaitu dengan Stratified Random Sampling, instrumen penelitian adalah angket. Data dianalisis dengan menggunakan teknik persentase. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa (1) keterampilan siswa SMP N 2 Padang dalam menyiapkan diri mengikuti pembelajaran kategori baik (2). keterampilan siswa SMP N 2 Padang dalam mengikuti kegiatan belajar kategori baik, dan (3). keterampilan siswa SMP N 2 Padang dalam menindaklanjuti materi pembelajaran kategori baik. Berdasarkan temuan penelitian, disarankan kepada Guru Pembimbing agar membantu siswa untuk dapat meningkatkan keterampilan belajar yang telah dimilki oleh siswa. Kepada Guru Mata Pelajaran dan personil sekolah lainnya agar dapat bekerjasama dalam meningkatkan keterampilan belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan mengikuti kegiatan belajar,Stratified Random Sampling |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) H Social Sciences > H Social Sciences (General) K Law > K Law (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling-S1 |
Depositing User: | Faldo Aldiasep |
Date Deposited: | 17 Sep 2025 01:49 |
Last Modified: | 17 Sep 2025 02:13 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24521 |