Pengaruh Komponen Visual dan Verbal Iklan Terhadap Sikap Atas Iklan Pond's Flawless White Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang

Kurnia, Hidayatil (2011) Pengaruh Komponen Visual dan Verbal Iklan Terhadap Sikap Atas Iklan Pond's Flawless White Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_HIDAYATIL_KURNIA_73862_1900_2011.pdf] Text
final_B1_HIDAYATIL_KURNIA_73862_1900_2011.pdf

Download (310kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pengaruh komponen visual dan verbal iklan terhadap sikap atas iklan Pond’s Flawless White pada mahasiswi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang. Jenis penelitian ini adalah kausatif, dimana penelitian ini menggambarkan dan menganalisis hubungan-hubungan antara satu variabel dengan variabel lainnya atau bagaimana suatu variabel mempengaruhi variabel lainnya. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang yang terdaftar semester Januari-Juni 2010 angkatan 2006-2009 dengan asumsi yang sudah pernah melihat iklan Pond’s Flawless White. Jenis data penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengambilan sampel dilakukan berdasarkan Accidental Sampling dan penentuan ukuran sampel menggunakan pendapat Slovin. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan induktif melalui analisis jalur (Path Analysis). Hipotesis diuji dengan uji F dan uji T pada α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Komponen visual iklan berpengaruh langsung sebesar 3,76% dan berpengaruh tidak langsung sebesar 0,98% terhadap sikap atas iklan Pond’s Flawless White, (2) Komponen verbal iklan berpengaruh langsung sebesar 5,85% dan berpengaruh tidak langsung sebesar 0,98% terhadap sikap atas iklan Pond’s Flawless White. Sedangkan 88,43% dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, maka disarankan kepada pihak manajemen pemasaran bagian periklanan PT Unilever Tbk untuk dapat lebih meningkatkan inovasi dan kreatifitas dalam beriklan, terutama dalam penggunaan komponen visual iklan dan pemilihan kata-kata yang mudah dimengerti dalam penyampaian pesan iklan.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Komponen visual iklan,Komponen verbal iklan,Pond’s Flawless White
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen-S1
Depositing User: Faldo Aldiasep
Date Deposited: 16 Sep 2025 08:52
Last Modified: 16 Sep 2025 08:52
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24492

Actions (login required)

View Item
View Item