Peningkatan Kemampuan Membaca Cepat melalui Pembelajaran Quantum Learning dengan Teknik Tri Fokus Steve Snyder Siswa Kelas X.4 SMA Negeri 2 Payakumbuh.

Isman, Morry Arini (2011) Peningkatan Kemampuan Membaca Cepat melalui Pembelajaran Quantum Learning dengan Teknik Tri Fokus Steve Snyder Siswa Kelas X.4 SMA Negeri 2 Payakumbuh. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_MORRY_ARINI_ISMAN_78941_4930_2011.pdf] Text
final_B1_MORRY_ARINI_ISMAN_78941_4930_2011.pdf

Download (805kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tiga fenomena. Pertama, minat baca siswamasih rendah. Kedua, kemampuan membaca cepat siswa kelas X.4 SMA Negeri 2Payakumbuh masih rendah. Ketiga, belum efektifnya penerapan teknik membaca cepatsiswa kelas X.4 SMA Negeri 2 Payakumbuh.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis peningkatankemampuan membaca cepat siswa kelas X.4 SMA Negeri 2 Payakumbuh denganmenggunakan teknik Tri Focus Steve Snyder Tahun Pelajaran 2010/ 2011. Berkaitandengan permasalahan, teori yang digunakan dalam penelitian ini sebagai berikut. (1)hakikat membaca, (2) hakikat membaca cepat, (3) pengukuran kecepatan membaca, (4)metode quantum learning, (5) teknik Tri Focus Steve Snyder (TFSS).Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang termasuk jenis penelitiankualitatif dan dibantu data kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Datapenelitian ini berupa hasil tes unjuk kerja siswa, lembar observasi, dan lembar angketrespon siswa terhadap pembelajaran sebagai instrumen. Prosedur penelitian dilaksanakandalam dua siklus yang terdiri dari empat unsur, yaitu (1) perencanaan, (2) tindakan, (3)observasi, (4) refleksi. Penelitian ini dirancang untuk dilaksanakan dalam dua siklus.Setiap siklus dilaksanakan dua kali tatap muka. Subjek penelitian ini adalah siswa kelasX.4 SMA Negeri 2 Payakumbuh berjumlah 44 orang.Hasil yang diperoleh menunjukkan adanya peningkatan kemampuan membacacepat melalui pembelajaran quantum learning dengan penerapan teknik Tri Focus SteveSnyder pada siswa kelas X.4 SMA Negeri 2 Payakumbuh. Hal ini dapat dilihat padarata-rata klasikal yang berada pada kualifikasi hampir cukup (55,52) meningkat menjadikualifikasi baik sekali (90,46). Hasil observasi kegiatan belajar siswa terhadappembelajaran membaca cepat dengan teknik Tri Focus Steve Snyder pada siklus I dansiklus II terjadi peningkatan, yakni dari kualifikasi cukup (67,73) meningkat menjadikualifikasi baik (86,32). Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapatdisimpulkan bahwa kemampuan membaca cepat siswa belum mencapai tingkat yangideal, yaitu 300 KPM tetapi penerapan teknik Tri Focus Steve Snyder dalampembelajaran keterampilan membaca cepat terbukti efektif meningkatkan keterampilanmembaca cepat siswa kelas X.4 SMA Negeri 2 Payakumbuh.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: KEMAMPUAN MEMBACA CEPAT, PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 16 Sep 2025 08:52
Last Modified: 16 Sep 2025 08:52
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24488

Actions (login required)

View Item
View Item