Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Pemberian Tugas dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XII IPS SMA Negeri 1 Ampek Angkek

Siska, Lidia (2011) Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Pemberian Tugas dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XII IPS SMA Negeri 1 Ampek Angkek. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_LIDIA_SISKA_73725_1586_2011.pdf] Text
final_B1_LIDIA_SISKA_73725_1586_2011.pdf

Download (367kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh (1) persepsi siswa tentang pemberian tugas terhadap hasil belajar ekonomi siswa, (2) minat belajar terhadap hasil belajar ekonomi siswa (3) Persepsi siswa tentang pemberian tugas dan minat belajar terhadap hasil belajar ekonomi siswa Kelas XII IPS SMA Negeri 1 Ampek Angkek. Jenis penelitian ini tergolong penelitian deskriptif dan asosiatif dengan populasi siswa SMA Negeri 1 Ampek Angkek kelas XII IPS semester ganjil tahun ajaran 2010/ 2011 yang berjumlah 105. Sampel penelitian ini di diambil dengan cara teknik Proporsional Random Sampling dengan jumlah sampel 58 orang siswa, data primer dari penelitian ini diperoleh dari kuisioner yang disebarkan kepada responden, sedangkan data sekunder yaitu berupa hasil belajar siswa yang berupa nilai rata-rata yang diperoleh dari guru ekonomi. Untuk menganalisis data dipakai data alnalisis deskriptif. Temuan Penelitian ini adalah persepsi siswa tentang Pemberian tugas berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar ekonomi siswa dimana level Sig < α ( 0,004 < 0,05). Sedangkan tingkat pengaruh persepsi siswa tentang pemberian tugas terhadap hasil belajar ekonomi siswa adalah 0,710 satuan. Minat belajar berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar ekonomi siswa dimana level Sig < α 0,006 < 0,05), sedangkan tingkat pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar ekonomi siswa adalah 0,630 satuan (3) secara bersama-sama persepsi siswa tentang pemberian tugas dan minat belajar berpengaruh terhadap hasil belajar ekonomi siswa SMA Negeri 1 Ampek angkek dimana level Sig < α (0,000 < 0,05), sedangkan sumbangan secara bersama-sama persepsi siswa tentang pemberian tugas dan minat belajar terhadap hasil belajar ekonomi adalah 38 %. Juga ditemukan bahwa rata-rata skor pemberian tugas pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Ampek Angkek adalah sebanyak 3,69. Hal ini berarti bahwa persepsi siswa tentang pemberian tugas dinilai tinggi. Sedangkan untuk minat belajar rata-rata skor adalah 3,60 yang bermakna minat belajar siswa dinilai tinggi. Untuk rata-rata skor hasil belajar ekonomi siswa kelas XII IPS adalah 81,93 dengan koefisien 14,56 %. Untuk meningkatkan hasil belajar diharapkan kepada siswa untuk lebih meningkatkan kemampuan berinteraksi dan berkomunikasi dengan baik dalam kegiatan belajar serta lebih mematuhi segala peraturan yang telah ditetapkan dalam belajar

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MINAT BELAJAR, HASIL BELAJAR EKONOMI
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi-S1
Depositing User: Fitri Yelli S.Sos
Date Deposited: 16 Sep 2025 08:03
Last Modified: 16 Sep 2025 08:03
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24465

Actions (login required)

View Item
View Item