Penggunaan Media Audio-Visual VCD dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS di Kelas V SD Muhammadiyah Kota Padang Panjang

Saeri, Djumaini (2012) Penggunaan Media Audio-Visual VCD dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS di Kelas V SD Muhammadiyah Kota Padang Panjang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_DJUMAINI_SAERI_93603_2315_2013.pdf] Text
final_B1_6_DJUMAINI_SAERI_93603_2315_2013.pdf

Download (848kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan di sekolah bahwa dalam proses
pembelajaran siswa tidak terlibat aktif dalam pembelajaran dan siswa tidak dapat
mengembangkan kemampuan berfikir secara kritis, sehingga hasil belajarnya rendah.
Untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS
dilakukan PTK dengan menggunakan media Audio-Visual VCD.
Jenis penelitian ini adalah PTK dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan
didukung oleh data kuantitatif berupa hasil belajar siswa. Data penelitian ini berupa
informasi tentang proses dan data hasil tindakan yang diperoleh dari hasil
pengamatan, hasil tes, diskusi dan dokumentasi. Sumber data adalah proses
pelaksanaan pembelajaran IPS dengan media Audio-Visual VCD di kelas V SD
Muhammadiyah Kota Padang Panjang. Subjek penelitian adalah guru (observer),
peneliti (praktisi) dan siswa kelas V SD Muhammadiyah Kota Padang Panjang yang
berjumlah 17 orang. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model analisis
data kualitatif.
Hasil penelitian menunjukan peningkatan hasil belajar siswa dari studi
pendahuluan ketuntasan belajar yang hanya mencapai 64% setelah dilakukan
tindakan pada siklus I penilaian RPP pertemuan I mencapai 82,14% dan pertemuan II
89,29%. Penilaian aktifitas guru siklus I pertemuan I 69,44%, pertemuan II 88,88%
dan aktifitas siswa siklus I pertemuan I 67%, pertemuan II 88,88%. Penilaian hasil
belajar siklus I pertemuan I dengan rata-rata 62,94%, pertemuan II rata-rata 77,05 %
sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan pada penilaian RPP 93%, aktifitas guru
97,22% dan aktifias siswa 97,22% dan hasil penilaian hasil belajar dengan rata-rata
91,76 dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPS dengan
menggunakan media Audio-Visual VCD dapat meningkatkan hasil belajar siswa
kelas V SD Muhammadiyah Kota Padang Panjang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 16 Sep 2025 08:02
Last Modified: 16 Sep 2025 08:02
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24458

Actions (login required)

View Item
View Item