Pengaruh Number Sense terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SD di Kota Bukittinggi

Kardiadinata, Socha Sajatiningtresna (2019) Pengaruh Number Sense terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SD di Kota Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_8_SOCHA_SAJATININGTRESNA_K_15011150_4986_2019.pdf] Text
final_B1_8_SOCHA_SAJATININGTRESNA_K_15011150_4986_2019.pdf

Download (467kB)

Abstract

Pengaruh number sense terhadap prestasi belajar
matematika siswa SD di Kota Bukittinggi. Penelitian ini bertujuan
untuk melihat kontribusi atau pengaruh number sense terhadap
prestasi belajar matematika siswa SD di Kota Bukittinggi. Penelitian
ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian
korelasional. Populasi pada penelitian ini adalah siswa sekolah dasar
di Kota Bukittinggi dengan jumlah sampel sebanyak 109 orang yang
diambil dengan teknik cluster purposive sampling. Penelitian ini
menggunakan alat ukur tes number sense yang dikembangkan oleh
McIntosh dkk, sedangkan data variabel prestasi belajar matematika
diambil dengan metode dokumentasi. Teknik analisis data yang
digunakan adalah analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian
menunjukkan nilai R Square sebesar 0,059 dan p = 0,011 (p < 0,05)
yang menunjukkan number sense berpengaruh sebesar 5,9 % pada
prestasi belajar matematika

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: NUMBER SENSE
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi-S1
Depositing User: Arlianis Arlianis S.IP
Date Deposited: 16 Sep 2025 08:02
Last Modified: 16 Sep 2025 08:02
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24454

Actions (login required)

View Item
View Item