Anjas, Lia (2011) Peningkatan Hasil Belajar IPA dengan Menggunakan Metode Eksperimen pada Siswa Kelas IV SDN 10 Bandar Buat Kec. Lubuk Kilangan Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_LIA_ANJAS_90748_2011.pdf [thumbnail of final_B1_LIA_ANJAS_90748_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_LIA_ANJAS_90748_2011.pdf
Download (605kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran IPA yamg selama ini masih berpusat kepada guru. Sehingga berlangsung pembelajaran IPA yang membosankan. Disamping itu standar ketuntasan dalam pembelajaran IPA yang diinginkan belum tercapai. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan pembelajaran IPA melalui strategi pembelajaran berbasis masalah yang meliputi (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, dan (3) hasil belajar. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Data penelitian ini berupa informasi tentang proses dan data hasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan, hasil tes, diskusi dan dokumentasi. Sumber data adalah proses pelaksanaan pembelajaran IPA dengan menggunakan metode eksperimen di kelas IV SDN 10 Bandar Buat Kec. Lubuk Kilangan. Subjek peneliti adalah guru (observer), peneliti (praktisi) dan siswa kelas IV SDN 10 Bandar Buat yang berjumlah sebanyak 34 orang. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model analisis data kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, terlihat hasil belajar siswa meningkat. Dengan menggunakan metode eksperimen, persentase hasil nilai kognitif siklus I pertemuan I 71,76% dan pada pertemuan II 73,08%. Nilai afektif siklus I pertemuan I 63,41% dan pertemuan II 74,94% sedangkan nilai psikomotor siklus I pertemuan I 63,29% dan pertemuan II 70,23%. Dan pada siklus II persentase hasil nilai kognitif 88,67% afektif 80,02% dan psikomotor 97,88%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan menggunakan strategi pembelajaran berbasis masalah data meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 10 Bandar Buat Kec. Lubuk Kilangan sehingga disarankan sebagai berikut: (1) bagi kepala sekolah hendaknya dapat memotivasi dan membina guru-guru untuk menggunakan metode eksperimen dalam pembelajaran di sekolah dan memantau pelaksanaannya (2) bagi guru hendaknya metode eksperimen dapat dijadikan sebagai salah satu metode yang dapat digunakan dalam pembelajaran IPA untuk meningkatkan hasil belajar siswa, (3) bagi peneliti lain yang tertarik dengan menggunakan metode eksperimen dapat melakukan penelitian dengan menggunakan matari lain (4) untuk pembaca agar dapat menambah wawasan tentang metode eksperimen
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | HASIL BELAJAR IPA, METODE EKSPERIMEN |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Fitri Yelli S.Sos |
Date Deposited: | 16 Sep 2025 08:01 |
Last Modified: | 16 Sep 2025 08:01 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24448 |