Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Melalui Permainan Susun Huruf Bergambar Di TK Islam Mutiara Ananda Padang

Gusrianti, Gusrianti (2011) Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Melalui Permainan Susun Huruf Bergambar Di TK Islam Mutiara Ananda Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_GUSRIANTI_88491_2011.pdf] Text
final_B1_GUSRIANTI_88491_2011.pdf

Download (282kB)

Abstract

Membaca merupakan salah satu kendala yang dihadapi oleh anak usia dini.
Masih banyak ditemui di TK Islam Mutiara Ananda anak yang belum mampu
membaca bahkan ada anak yang belum mengenal huruf-huruf alphabet.
Sedangkan pada era globalisasi ini program pendidikan harus mampu memberikan
bekal kepada anak untuk memiliki daya saing yang tinggi dan tangguh, agar
mampu memasuki pendidikan yang lebih tinggi. Dalam rangka memenuhi
kebutuhan dan masa peka anak pada aspek membaca dapat disusun dan
dikembangkan melalui permainan susun huruf bergambar.
Meningkatkan kemampuan membaca anak melalui permainan susun huruf
bergambar ini dilakukan dengan menggunakan gambar-gambar yang menarik dan
bervariasi sehingga memancing minat anak dalam melakukan kegiatan bermain,
dan juga menggunakan huruf-huruf alphabet.
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan
membaca anak melalui permainan susun huruf bergambar di kelompok B3 TK
Islam Mutiara Ananda. Penelitian ini dilakukan dengan 2 siklus yaitu siklus I dan
siklus II, yang masing-masing siklus terdiri dari 3 pertemuan.
Dalam hasil penelitian ini dapat disimpulkan, bahwa setiap siklus pada
penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan dalam kemampuan membaca
anak dan juga pengenalan huruf melalui permainan susun huruf bergambar.
Peningkatan kemampuan membaca anak melalui permainan susun huruf
bergambar ini terlihat jelas pada siklus I dengan persentase 65% sehingga
kemampuan membaca anak meningkat pada siklus II sebesar 80 %, kemampuan
pemahaman anak dalam melakukan kegiatan lebih kreatif. Hasil penelitian
menunjukkan terjadinya peningkatan kemampuan membaca anak sebesar 80%.
Jadi dapat disimpulkan bahwa permainan susun huruf bergambar dapat
digunakan sebagai media dalam pembelajaran guna meningkatkan kemampuan
membaca anak di TK dengan menggunakan media gambar yang menarik bagi
anak usia dini

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1
Depositing User: Risna Juita S.IP
Date Deposited: 16 Sep 2025 05:46
Last Modified: 16 Sep 2025 05:46
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24428

Actions (login required)

View Item
View Item