Tinjauan Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Melalui Pendekatan Bermain Di SDN 23 Ranah Kecamatan Padang Selatan

Erianto, Guspi (2011) Tinjauan Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Melalui Pendekatan Bermain Di SDN 23 Ranah Kecamatan Padang Selatan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_GUSPI_ERIANTO_92540_2011.pdf] Text
final_B1_GUSPI_ERIANTO_92540_2011.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan di SDN 23 Ranah Kecamatan
Padang Selatan tentang pelaksanaan PBM pendidikan jasmani olahraga dan
kesehatan melalui pendekatan bermain. Pelaksanaan PBM pendidikan jasmani
olahraga dan kesehatan di Sekolah Dasar/MI harus dilakukan dengan pendekatan
bermain. Siswa akan berusaha untuk mempelajari gerak-gerak dasar yang belum
pernah dilakukan dengan rasa gembira dan senang. Jika dihubungkan antara
kutipan di atas dengan kodrat anak-anak, sangat jelas bahwa ketika masa anakanak
setiap anak sangat membutuhkan bermain sebagai kebutuhan utamanya.
Sesuai dengan pedoman pengajaran permainan di Sekolah Dasar yang dikeluarkan
oleh Depdiknas (1992), bahwa bermacam-macam kegiatan permainan di Sekolah
Dasar sangat berperan terhadap pengembangan fungsi-fungsi otot, syaraf, organorgan
tubuh, kejiwaan, dan kepribadian siswa. Pelaksanaan PBM Pendidikan
jasmani olahraga dan kesehatan dengan pendekatan bermain sasarannya adalah
siswa yang sedang mengalami perkembangan jiwa dan jasmani yang pesat.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pelaksanaan
pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan (Penjasorkes) melalui
pendekatan di SDN 23 Ranah Kecamatan Padang Selatan. Penelitian ini tergolong
kepada jenis penelitian deskriptif yaitu bertujuan untuk mengungkapkan tentang
pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan
(Penjasorkes) melalui pendekatan bermain di SDN 23 Ranah Kecamatan Padang
Selatan. Pengambilan sampel penelitian ini dilakukan dengan teknik purposive
sampling yaitu dari populasi yang ada diambil menjadi sampel sebanyak 68 orang.
Dari 68 orang responden maka dapat diperoleh kesimpulan mengenai
tingkat capaian pelaksanaan pembelajaran Penjasorkes melalui pendekatan
bermain di SDN 23 Ranah Kecamatan Padang Selatan yaitu sebesar 79.4% dan
berada pada klasifikasi Cukup Terlaksana. Tingkat capaian faktor minat siswa
pada proses pembelajaran Penjasorkes melalui pendekatan bermain di SDN 23
Ranah Kecamatan Padang Selatanyaitu sebesar 96% dan berada pada klasifikasi
Sangat Baik.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
S Sport
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi-S1
Depositing User: Risna Juita S.IP
Date Deposited: 16 Sep 2025 05:43
Last Modified: 16 Sep 2025 05:43
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24421

Actions (login required)

View Item
View Item