Peningkatan Hasil Belajar Jaring-jaring Balok dan Kubus Melalui Pendekatan Konstruktivisme Pada Siswa Kelas IV SDN 09 Balai- Balai Padang Panjang

Gusniwati, Gusniwati (2011) Peningkatan Hasil Belajar Jaring-jaring Balok dan Kubus Melalui Pendekatan Konstruktivisme Pada Siswa Kelas IV SDN 09 Balai- Balai Padang Panjang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_GUSNIWATI_ZA_88226_407_2011.pdf] Text
final_B1_GUSNIWATI_ZA_88226_407_2011.pdf

Download (253kB)

Abstract

Pembelajaran jaring-jaring balok dan kubus dirasakan siswa sulit. Siswa
kurang memahami materi yang disampaikan guru karena cara penyampaian materi
yang dilakukan guru masih secara konvensional. Aibatnya siswa cenderung tidak
memperhatikan pembelajaran dan mencari aktivitas lain.Untuk memperbaikinya,
peneliti mencoba memperbaikinya melalui pendekatan konstruktivisme. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan rancangan, pelaksanaan, dan
peningkatan hasil belajar Jaring-jaring Balok dan Kubus melalui Pendekatan
Konstruktivisme pada siswa Kelas IV SDN 09 Balai-Balai Padang Panjang.
Data penelitian adalah bentuk rancangan pembelajaran jaring-jaring balok
dan kubus, pelaksanaan, dan hasil belajar melalui pendekatan konstruktivisme.
Sumber data adalah guru dan siswa dalam proses pembelajaran melalui
pendekatan konstruktivisme. Untuk pengumpulan data penelitian ini digunakan
beberapa alat yaitu: Instrumen penilaian kinerja guru (IPKG), lembar observasi
aktifitas guru, lembar observasi aktifitas siswa, dan Lembar Kerja Siswa (LKS)
serta hasil belajar siswa.
Hasil Penelitian adalah sebagai berikut: (1) Rancangan pembelajaran
dengan menggunakan pendekatan konstruktivisme dalam pembelajaran jaringjaring
balok dan kubus sudah memuat komponen RPP yaitu: tujuan
pembelajaran, materi pembelajaran, metode pembelajaran, sumber belajar, dan
penilaian hasil belajar. Penyusunan langkah-langkah RPP sudah sesuai dengan
penggunaan pendekatan konstruktivisme. (2) Pelaksanaan pembelajaran jaringjaring
balok dan kubus dengan penggunaan pendekatan konstruktivisme dapat
membuat siswa bergairah belajar, bersemangat dan siswa gembira mengerjakan
tugas-tugas yang diberikan. Pembelajaran jaring-jaring balok dan kubus semakin
menyenangkan bagi siswa dengan menggunakan pendekatan konstruktivisme. (3)
Hasil belajar jaring-jaring balok dan kubus dengan menggunakan pendekatan
konstruktivisme dapat meningkatkan hasil belajar jaring-jaring balok dan kubus
siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil penilaian siswa pada siklus I yaitu dari 64
naik menjadi 69. Pada siklus II dari 75 naik menjadi 89.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Risna Juita S.IP
Date Deposited: 16 Sep 2025 05:43
Last Modified: 16 Sep 2025 05:43
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24418

Actions (login required)

View Item
View Item