Persepsi Mahasiswa tentang Implementasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Guru Pamong Ekonomi dan Pengaruhnya terhadap Efektivitas Mengajar Guru Pamong

Ilrismawati, Ilrismawati (2009) Persepsi Mahasiswa tentang Implementasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Guru Pamong Ekonomi dan Pengaruhnya terhadap Efektivitas Mengajar Guru Pamong. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_ILRISMAWATI 48695-04-09.pdf] Text
final_B1_ILRISMAWATI 48695-04-09.pdf

Download (204kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Persepsi Mahasiswa tentang Pengaruh Implementasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Guru Pamong Ekonomi dan Pengaruhnya Terhadap Efektivitas Mengajar Guru Pamong. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Populasi dari penelitian ini adalah Guru-guru ekonomi yang menjadi pamong mahasiswa pendidikan ekonomi sebanyak 61 orang dan sampel sebanyak 53 orang dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kuesioner. Penelitian ini digolongkan pada penelitian Deskriptif. Sumber data adalah data sekunder. Variabel penelitian ini terdiri dari Implementasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Guru Pamong (X) sebagai variabel bebas dan Efektivitas Mengajar Guru Pamong (Y) sebagai variabel terikat. Teknik analisis data yang digunakan adalah (1) Analisis Deskriptif dan (2) Analisis induktif yang menggunakan Regresi Sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa Ha diterima yaitu Implementasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Guru Pamong mempengaruhi Efektivitas Mengajar Guru Pamong, dimana pengaruh Implementasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ini signifikan (t hit = 11,413 > t tab = 2,008 dan Sig 0,000 dengan α0,05). Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka untuk lebih mempengaruhi Efektivitas Mengajar Guru Pamong tersebut, maka disarankan bagi para guru khususnya guru ekonomi untuk memperhatikan metode dan media pembelajaran yang dapat digunakan dalam proses belajar mengajar.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Efektivitas Mengajar Guru Pamong
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi-S1
Depositing User: Yola Aprilia Putri
Date Deposited: 16 Sep 2025 05:18
Last Modified: 16 Sep 2025 05:18
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24395

Actions (login required)

View Item
View Item