Deskripsi Hasil Belajar Peserta Didik yang Tidak dan yang Mengikuti Bimbingan Belajar di Luar Sekolah Pada Mata Pelajaran Biologi Kelas XI IPA SMAN 7 Padang

Mawaddah, Fauziah (2018) Deskripsi Hasil Belajar Peserta Didik yang Tidak dan yang Mengikuti Bimbingan Belajar di Luar Sekolah Pada Mata Pelajaran Biologi Kelas XI IPA SMAN 7 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_03_FAUZIAH_MAWADDAH_14031072_650_2018.pdf] Text
B1_03_FAUZIAH_MAWADDAH_14031072_650_2018.pdf

Download (2MB)

Abstract

Faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan suatu pembelajaran dapat berasal dari internal maupun eksternal. Peserta didik cenderung memiliki kekhawatiran dalam melaksanakan pembelajaran untuk mencapai hasil belajar yang baik, sehingga peserta didik ingin menambah pembelajarannya di luar sekolah. Pada era globalisasi saat ini, telah banyak lembaga bimbingan belajar yang berkembang di berbagai daerah di Indonesia. Hal ini menyebabkan banyaknya ketertarikan peserta didik untuk mengikuti bimbingan belajar di luar sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat kontribusi bimbingan belajar di luar sekolah terhadap hasil belajar peserta didik yang mengikuti bimbingan belajar di luar sekolah pada mata pelajaran biologi kelas XI IPA SMAN 7 Padang.
Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI IPA SMAN 7 Padang. Sampel penelitian adalah peserta didik yang mengikuti dan peserta didik yang tidak mengikuti bimbingan belajar biologi di luar sekolah. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik saturation sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji median, karena salah satu data terdistribusi tidak normal dan kedua kelompok data homogen.
Rata-rata hasil belajar peserta didik yang mengikuti bimbingan belajar yaitu 86,91, tidak signifikan perbedaannya dengan yang tidak mengikuti bimbingan belajar di luar sekolah dengan rata-rata 84,88. Hasil analisis data menunjukkan bahwa tidak terdapat kontribusi bimbingan belajar terhadap hasil belajar peserta didik yang mengikuti bimbingan belajar di luar sekolah dengan perbandingan X2 hitung 0,27 dan X2 tabel 3,84, jadi X2 hitung < X2 tabel. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa bimbingan belajar di luar sekolah tidak memberikan kontribusi terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran biologi kelas XI IPA SMAN 7 Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1
Depositing User: Umma Mardhotillah A.Md.
Date Deposited: 16 Sep 2025 05:15
Last Modified: 16 Sep 2025 05:15
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24372

Actions (login required)

View Item
View Item