Josril, Josril (2011) Peranan Modifikasi Olahraga dalam Pembelajaran Penjasorkes di Sekolah Dasar Negeri Gugus I Kecamatan Sutera Kabupaten Pesisir Selatan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_01_JOSRIL_08970_1789_2012.pdf [thumbnail of B1_01_JOSRIL_08970_1789_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_01_JOSRIL_08970_1789_2012.pdf
Download (1MB)
Abstract
Sekolah Dasar Negeri Gugus I Kecamatan Sutera Kabupaten Pesisir Selatan adalah salah satu sekolah yang melaksanakan Modifikasi dalam pembelajaran Penjasorkes, namun pelaksanaan pembelajaran tersebut belum terlaksana dengan baik. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan tentang gambaran peranan modifikasi dalam pembelajaran Penjasorkes.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif. Waktu penelitian dilaksanakan pada bulan Juli 2011. Tempat penelitian adalah Sekolah Dasar Negeri Gugus I Kecamatan Sutera Kabupaten Pesisir Selatan. Populasi penelitian adalah 145 orang. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik Purposive sampling, didapat sampel berjumlah 46 orang. Instrumen yang dipakai untuk mengumpulkan data adalah Angket atau kuesioner dengan menggunakan skala Guttman. Data dianalisis dengan menggunakan rumus distribusi frekuensi dalam bentuk persentase.
Dari analisis data diperoleh hasil penelitian sebagai berikut: 1).Tingkat capaian peranan modifikasi olahraga dalam meningkatkan motivasi dan kesenangan siswa berada pada klasifikasi baik, dengan hasil penelitian adalah sebesar 76,52 %, 2). Tingkat capaian peranan modifikasi olahraga dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa berada pada klasifikasi baik, dengan hasil penelitian adalah sebesar 76,63, 3). Tingkat capaian peranan modifikasi olahraga dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran penjasorkes pada di Sekolah Dasar Negeri Gugus I Kecamatan Sutera Kabupaten Pesisir Selatan, adalah sebesar 83,23 %, itu artinya bahwa tingkat capaian peranan modifikasi olahraga dalam meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran penjasorkes, berada pada klasifikasi sangat baik.
Dari hasil penemuan penelitian maka dapat ditemukan bahwa peranan model-model permainan kecil dalam pelaksanaan pembelajaran penjasorkes telah mengkaitkan modifikasi belajar siswa dengan baik dapat meningkatkan aktifitas, meningkatkan hasil.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PERANAN MODIFIKASI OLAH RAGA |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education S Sport |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi-S1 |
Depositing User: | Arlianis Arlianis S.IP |
Date Deposited: | 21 Feb 2025 04:09 |
Last Modified: | 21 Feb 2025 04:09 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/2435 |