Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Siklus (Learning Cycle) Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI SMA PGRI 3 Padang

Julihesky, Farlanz (2017) Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Siklus (Learning Cycle) Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI SMA PGRI 3 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_03_FARLANZ_JULIHESKY_1200393_4252_2017 IKO LAI.pdf] Text
B1_03_FARLANZ_JULIHESKY_1200393_4252_2017 IKO LAI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari fenomena yang terjadi di sekolah bahwa
masih rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi.
Untuk itu diperlukan strategi pembelajaran yang tepat untuk menumbuhkan
aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran
siklus (learning cycle). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh
penerapan strategi pembelajaran siklus (learning cycle) terhadap aktivitas dan
hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi di Kelas XI SMA PGRI 3
Padang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi pada
penelitian ini adalah siswa kelas XI. Teknik pengambilan sampelnya adalah
purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar
pedoman observasi dan soal tes objektif. Alat pengumpul data dengan lembar
hasil observasi dan lembar soal. Kemudian data diolah dengan t-test.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, aktivitas siswa
yang menerapkan strategi pembelajaran siklus (learning cycle) dengan
menerapkan metode ceramah dan tanya jawab terdapat thitung = 2,311 > ttabel =
2,032, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan
antara aktivitas siswa kelas eksperimen dengan aktivitas siswa kelas kontrol.
Data pada hasil belajar siswa yang menerapkan strategi pembelajaran siklus
(learning cycle) dengan menerapkan metode ceramah dan tanya jawab terdapat
thitung = 2,095 > ttabel = 2,032, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat
perbedaan yang signifikan antara nilai siswa kelas eksperimen dengan nilai
siswa kelas kontrol. Kesimpulan penerapan strategi pembelajaran siklus
(learning cycle) memberi pengaruh yang signifikan terhadap aktivitas dan
hasil belajar siswa mata pelajaran Ekonomi di kelas XI SMA PGRI 3 Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1
Depositing User: Umma Mardhotillah A.Md.
Date Deposited: 16 Sep 2025 01:07
Last Modified: 16 Sep 2025 01:07
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24334

Actions (login required)

View Item
View Item