Hidayani, Rahma (2017) Penerimaan Sosial Teman Sebaya Siswa di SMP N 3 Lubuk Basung. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_05_RAHMA_HIDAYANI_1300332_3003_2017.pdf [thumbnail of B1_05_RAHMA_HIDAYANI_1300332_3003_2017.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_05_RAHMA_HIDAYANI_1300332_3003_2017.pdf
Download (5MB)
Abstract
Siswa sebagai seorang remaja, dituntut mampu menyelesaikan tugas perkembangannya. Salah satu tugas perkembangan tersebut adalah mampu membina hubungan sosial dengan teman sebaya secara baik. Selain untuk memenuhi tugas
perkembangannya remaja juga memiliki kebutuhan yang kuat untuk disukai dan diterima kawan sebaya atau kelompok. Penerimaan sosial teman sebaya sangat penting bagi remaja. Remaja yang diterima oleh teman sebaya akan merasa aman,
nyaman, dapat dipercaya dan memiliki konsep diri yang menyenangkan dan mampu menyesuaikan diri terhadap kelompok teman sebayanya hal ini tentu akan mempermudah remaja dalam mengaktualisasikan dirinya. Penelitian ini bertujuan
untuk mendeskripsikan penerimaan sosial teman sebaya siswa di SMP N 3 Lubuk Basung yang dilihat dari aspek mudah mendapatkan teman, memiliki empati,partisipasi sosial, perlakuan baik dari orang lain dan ditempatkan pada posisi bagus dan terhormat. Penelitian ini berbentuk kuantitatif dengan metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP N 3 Lubuk Basung dengan sampel sebanyak 179 orang siswa, pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan yaitu berupa angket dengan penilaian
jawaban menggunakan model skala Likert. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik persentase.
Temuan penelitian menunjukkan bahwa penerimaan sosial teman sebaya siswa dalam aspek mudah mendapatkan teman berada pada kategori sangat baik,penerimaan sosial teman sebaya siswa dalam aspek memiliki empati berada pada
kategori baik, penerimaan sosial teman sebaya siswa dalam aspek partisipasi sosial berada pada kategori baik, penerimaan sosial teman sebaya siswa dalam aspek
perlakuan baik dari orang lain berada pada kategori baik dan penerimaan sosial teman sebaya siswa dalam aspek ditempatkan pada posisi bagus dan terhormat berada pada kategori cukup baik. Dari hasil temuan tersebut secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa penerimaan sosial siswa kelas VIII SMP N 3 Lubuk basung umumnya berada pada kategori baik, namun masih ada satu aspek yang masih berada dalam kategori cukup
baik. Oleh karena itu diperlukan layanan Bimbingan dan Konseling untuk siswa agar penerimaan sosial teman sebaya siswa dapat lebih baik lagi.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 16 Sep 2025 00:20 |
Last Modified: | 16 Sep 2025 00:20 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24306 |